22.5 C
Sukoharjo
Saturday, July 13, 2024

Kabupaten Sukoharjo Raih Tiga Penghargaan Nirwasita Tantra

SUKOHARJO – Prestasi kembali diraih Kabupaten Sukoharjo. Kali ini, Sukoharjo meraih tiga penghargaan Nirwasita Tantra. Masing-masing diraih oleh Bupati Etik Suryani, Ketua DPRD, Wawan Pribadi, dan atas nama Kabupaten Sukoharjo kategori kabupaten sedang.

Penghargaan Nirwasita Tantra tahun 2022 ini diserahkan pada Selasa (29/8/2023) di Gedung Manggala Wanabakti kompleks Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang diterima secara langsung oleh Bupati Sukoharjo dan Ketua DPRD.

“Penghargaan ini merupakan yang kelima kalinya diterima oleh Kabupaten Sukoharjo,” jelas Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sukoharjo, Agus Suprapto, Selasa (29/8/2023).

Agus melanjutkan, dari lima kali mendapat penghargaan, empat kali diperoleh secara berturut-turut yaitu tahun 2019, 2020, 2021 dan 2022 serta sebelumnya juga menerima penghargaan serupa pada tahun 2017.

“Tahun ini, Kabupaten Sukoharjo menerima tiga penghargaan sekaligus untuk kategori kabupaten sedang, yaitu Kepala Daerah (Bupati), Ketua DPRD, dan Pemerintahan Daerah Kabupaten kategori kabupaten sedang,” katanya.

Nirwasita Tantra 2022 dinilai berdasarkan Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup (IKPLHD) tahun 2021 yang berisi data kondisi lingkungan hidup, isu isu lingkungan hidup prioritas dan respon yang telah dilakukan oleh Pemkab Kabupaten Sukoharjo dalam mengatasi isu prioritas lingkungan hidup tersebut.

Agus juga mengatakan, penilaian sendiri meliputi dokumen IKPLHD juga memuat inovasi inovasi daerah dalam pengelolaan lingkungan hidup, diantaranya: program kampung iklim daerah (Proklim), pengembangan ekowisata berbasis pengelolaan sampah dan wisata sungai, resik-resik sungai, program Konsolidasi Lahan Pertanian, integrated farming, pengelolaan sampah di TPS Desa melalui pengembangan Maggot lalat BSF dan pemanfaatan gas methane di TPA Mojorejo.

“Semoga penghargaan Nirwasita Tantra ini dapat lebih menyemangati masyarakat Kabupaten Sukoharjo untuk bersinergi dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup,” tambahnya. (*)

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

Berita Terbaru