22.5 C
Sukoharjo
Monday, July 15, 2024

Membanggakan, 3 Penghargaan Top BUMD Awards 2023 Diraih Sukoharjo

SUKOHARJO – Prestasi membanggakan diraih Kabupaten Sukoharjo yang kembali meraih tiga penghargaan sekaligus dalam ajang Top BUMD Awards 2023. Penghargaan tersebut diraih Sukoharjo untuk kiberja Perumda Air Minum Tirta Makmur (PDAM). Penghargaan tersebut diterima langsung Bupati Sukoharjo, Etik Suryani di Hotel Rafles Jakarta, Rabu (5/4/2023).

Tiga penghargaan yang diraih Kabupaten Sukoharjo masing-masing untuk Bupati Sukoharjo, Etik Suryani Kategori Top Pembina BUMD 2023 dan dua penghargaan diraih oleh PDAM Sukoharjo, yakni Top Leader BUMD 2023 (Plt Direktur) dan Top BUMD 2023.

“Tentunya penghargaan ini sangat membanggakan bagi Kabupaten Sukoharjo dan diharapkan menjadi pemacu semangat bagi BUMD lain untuk menjadi lebih baik,” ujar Bupati.

Seperti diketahui, penghargaan serupa juga diterima Sukoharjo tahun lalu yang juga menerima tiga penghargaan sekaligus dan kategori yang juga sama. Dengan kata lain, penghargaan tersebut sudah tiga kali berturut-turut diraih Kabupaten Sukoharjo sehingga PDAM Sukoharjo mendapat status bintang 5.

Penghargaan Top BUMD Awards 2023 diberikan kepada BUMD (Badan Usaha Milik Daerah) unggulan dari seluruh Indonesia. Penghargaan tersebut diberikan kepada BUMD yang telah sukses melewati proses penilaian dalam beberapa tahap.

Untuk kriteria penilaian sendiri mengacu pada empat aspek penting untuk menentukan level bintang penghargaan dari Bintang 1 sampai yang tertinggi, yakni Bintang 5. Empat aspek masing-masing aspek pencapaian kinerja bisnisnya, baik dan berkelanjutan (atau achievement), aspek kedua BUMD yang terus melakukan perbaikan (atau Improvement).

Kemudian aspek ketiga adalah aspek kontribusi dalam pembangunan daerah dan aspesk keempat adalah inovasi BUMD untuk mendukung bisnis BUMD agar tumbuh berkelanjutan.

Dalam acara tersebut, Ketua Penyelenggara Top BUMD Awards 2023, M Lutfi Handayani mengatakan bahwa tema yang diangkat tahun 2023 ini adalah ‘Inovasi dalam membangun Kinerja Bisnis dan Layanan BUMD’. Inovasi sangat penting bagi BUMD. Sebab, jika inovasi ditularkan, tentu mendorong BUMD lain untuk terus tumbuh. BUMD adalah aset milik pemda (pemerintah daerah).

“Bila semua terus inovatif-maju, tentu BUMD bukanlah sekadar aset daerah. Tetapi juga menjadi aset bangsa Indonesia. Sebab mereka mendukung pembangunan merata untuk Indonesia yang maju. Dengan demikian, permasalahan seperti kemiskinan dan lain-lain, lebih mudah diselesaikan karena peranan BUMD,” ujarnya. (*)

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

Berita Terbaru