26.5 C
Sukoharjo
Sunday, July 21, 2024

Pemkab Bentuk Forum Komunikasi BPD, Bupati Minta Bersinergi Majukan Desa

SUKOHARJO – Pemkab Sukoharjo membentuk forum komunikasi Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se-Kabupaten Sukoharjo periode 2019-2024. BPD dinilai memiliki peran penting dalam membantu jalannya roda pemerintahan dimana salah satunya sebagai mitra pemerintah desa yang konstruktif dan inovatif untuk memajukan masyarakat desa. Forum Komunikasi BPD menggelar acara silaturahmi di Pendopo GSP dan dihadiri Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, Kamis (8/9/2022).

Dalam sabutannya Bupati Sukoharjo, Etik Suryani menyambut baik kegiatan silaturahmi pengurus forum komunikasi BPD se-Kabupaten Sukoharjo. Menurutnya, kegiatan tersebut merupakan bukti eksistensi BPD di Kabupaten Sukoharjo bersinergi dengan baik bersama pemerintah desa termasuk perannya dalam rangka memajukan desa-desa yang ada di Kabupaten Sukoharjo.

“Saya harap dengan kegiatan ini terwujudnya peran BPD sebagai mitra pemerintah desa yang konstruktif dan inovatif untuk kemajuan masyarakat desa,” ujarnya.

Bupati berharap BPD meningkatkan partisipasinya sebagai mitra pemerintah desa, meningkatkan partisipasi masyarakat desa dalam memajukan pembangunan desa, meningkatkan pendapatan asli desa, dan memajukan perekonomian desa.

Menurutnya, BPD agar menjalankan tugas dan tupoksinya secara maksimal demi kesejahteraan masyarakat dan bekerja sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang ada, memastikan kebijakan pembangunan desanya selaras dengan kebijakan daerah dan nasional. Hal tersebut menjadi bagian penting dari fungsi pengawasan BPD. Bukan hanya pengawasan kinerja kepala desa dalam capaian program saja, tetapi juga memastikan program di desa dilaksanakan dan bermanfaat bagi masyarakat.

“Dengan telah terbentuknya forum komunikasi BPD ini agar BPD lebih solid dan bersinergi terhadap kebijakan Pemkab Sukoharjo, menjadi sarana untuk saling meningkatkan kualitas masing-masing, bisa untuk saling sharing permasalahan-permasalahan atau inovasi-inovasi di desa masing-masing,” ujarnya.

Bupati mengatakan, kondisi masing-masing desa di Kabupaten Sukoharjo berbeda. Perbedaan juga terlihat di BPD desa masing-masing. Kondisi geografis dan karakteristik desa menjadi penyebab perbedaan tersebut. Namun demikian BPD memiliki tujuan sama yakni memajukan desa.

“Program dan keanggota harus solid dan kompak dalam menjalankan fungsi pelaksanaan tugas di BPD dan forum komunikasi BPD,” tambahnya.

Sedangkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sukoharjo, YC Sriyana mengatakan, forum komunikasi BPD ini menjadi bagian penting sebagai upaya Pemkab Sukoharjo memajukan masyarakat desa. Hal sama juga diharapkan dalam kemajuan desa dimana bisa dilihat baik dari sektor pembangunan, perekonomian dan lainnya.

“Desa ini menjadi bagian penting yang harus maju. Hal ini bisa diawali dari BPD dengan membantu pemerintah desa. Forum komunikasi BPD ini menjadi forum antara BPD sebagai wadah bersama untuk saling bertukar informasi memajukan desa,” ujarnya. (*)

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

Berita Terbaru