25.1 C
Sukoharjo
Tuesday, July 23, 2024

Peringatan Hari Kartini, Perempuan Diharapkan Berkontribusi Pemulihan Ekonomi Dampak Pandemi

SUKOHARJO – Bupati Sukoharjo Etik Suryani membuka Seminar Peringatan Hari Kartini Ke-143 Tahun 2022 di Auditorium Wijaya Utama Lantai 10 Gedung Menara Wijaya Pemkab Sukoharjo, Kamis (28/4/2022). Kegiatan diikuti organisasi perempuan dan organisasi perangkat daerah (OPD) di Kabupaten Sukoharjo.

Bupati Sukoharjo, Etik Suryani dalam sambutannya mengatakan, seperti diketahui bersama bahwa Raden Ajeng Kartini atau RA Kartini merupakan perempuan Jawa yang menjadi pahlawan Indonesia. Beliau dikenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan Indonesia. RA Kartini lahir di Jepara 21 April 1897. Kini tanggal kelahirannya diperingati sebagai Hari Kartini. Kartini merupakan tokok wanita inspiratif yang berjuang memperjuangkan hak perempuan Indonesia.

RA Kartini merupakan tokoh yang meletakan dasar perjuangan perempuan di Indonesia. Kepeduliannya akan nasib perempuan di Indonesia tidaklah main-main, banyak sekali hal-hal luar biasa yang diwariskan oleh Kartini kepada generasi penerusnya, salah satu pemikiran-pemikiran merdekanya. Berkat perjuangan kaum perempuan diperlakukan dan mendapat status sosial yang baik bagi perempuan.

Peringatan hari Kartini tahun ini dikatakan Bupati masih dalam suasana pandemi, namun berkat kerja keras semua termasuk didalamnya perempuan-perempuan hebat. “Alhamdulilah kondisi pandemi di negara kita dapat dikendalikan dengan baik. Untuk itu pada kesempatan ini saya atas nama Pemkab Sukoharjo mengucapkan terima kasih kepada seluruh tenaga kesehatan perempuan serta dari beragam sektor yang sudah berjuang mengendalikan pandemi di Indonesia khususnya di Kabupaten Sukoharjo,” ujarnya.

Peran perempuan sangat diharapkan untuk berkontribusi mendorong pemulihan akibat pandemi virus Corona. Ketika kasus virus Corona sudah berangsur landai hal ini menjadi momen yang tepat untuk melakukan pemulihan pada setiap sektor.

“Oleh karena itu melalui peringatan Hari Kartini ke 143 tahun 2022 ini saya berharap kepada perempuan-perempuan di Kabupaten Sukoharjo untuk tetap semangat tidak ada halangan untuk berprestasi, kita dapat merayakan berbagai kemajuan yang berhasil diraih perempuan, sekaligus mengingatkan bahwa perjuangan masih panjang dan harus terus dilanjutkan,” lanjut Bupati.

Bupati juga mengatakan, peringatan Hari Kartini mengusung tema Dengan Semangat Kartini Kita Tingkatkan Kualitas Keluarga Melalui Perempuan Hebat, harus dimaknai sebagai era kebangkitan perempuan Indonesia. Kebangkitan perempuan Indonesia melawan pandemi, kebangkitan perempuan Indonesia untuk pemulihan ekonomi sehingga bisa mewujudkan Indonesia maju seperti yang dicita-citakan bersama.

Sementara itu, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Sukoharjo, Proboningsih Dwidanarti, mengatakan, tujuan seminar adalah untuk terus mengibarkan semangat juang Kartini yang telah berjasa bagi perempuan Indonesia sekaligus pendorong bagi perempuan Indonesia untuk berkarya nyata bagi masyarakat bangsa dan negara serta dengan semangat Kartini dapat memotivasi perempuan hebat dalam meningkatkan kualitas keluarga. (*)

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

Berita Terbaru