22.5 C
Sukoharjo
Monday, July 15, 2024

Pemkab Sukoharjo Tingkatkan Kualitas Permukiman Kumuh Secara Bertahap

SUKOHARJO – Pemkab Sukoharjo secara bertahap melakukan peningkatan kualitas permukiman kumuh. Salah satu upaya yang dilakukan adalah memberikan bantuan hibah kepada Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM). Seperti yang diberikan kepada Dukuh Sengon, Desa Langenharjo, Kecamatan Grogol dan Dukuh Pundung Kidul, Desa Ngrombo, Kecamatan Baki yang diresmikan Bupati Etik Suryani, Kamis (21/12/2023).

Bupati menyampaikan, permukiman kumuh merupakan permukiman yang tidak layak huni karena ketidakteraturan bangunan, tingkat kepadatan bangunan yang tinggi dan kualitas bengunan serta sarana dan prasarana yang tidak memenuhi syarat. Mengingat permasalahan permukiman yang sangat komplek, pencegahan tumbuh dan berkembangnya permukiman kumuh memerlukan kolaborasi antara beberapa pihak.

“Kolabotrasi itu antara pihak pemerintah, mulai dari pemerintah pusat sampai dengan pemerintah desa/ kelurahan, pihak swasta, pihak masyarakat, dan pihak terkait lainnya,” ujar Bupati.

Menurutnyaa, salah satu upaya yang dilakukan Pemkab Sukoharjo dalam meningkatkan kualitas permukiman kumuh menjadi permukiman layak huni antara lain adalah dengan memberikan bantuan Belanja Hibah. Sepeti yang diberikan kepada Dukuh Sengon RT.01 RW.11 Desa Langenharjo, Kecamatan Grogol dan Dukuh Pundung Kidul, Desa Ngrombo, Baki.

Dana hibah digunakan untuk pembangunan saluran drainase dan pengadaan Alat Pemadam Api Berat (APAB), Pengadaan Bak/tempat sampah 3R (reduce, reuse, recycle), dan pembangunan jalan lingkungan.

“Semoga sarana dan prasarana yang telah dibangun dan diadakan dapat mengurangi permasalahan permukiman kumuh yang ada yaitu terjadinya genangan air hujan, ketidaktersediaan saluran drainase, ketidaktersediaan sarana proteksi kebakaran, kondisi pengelolaan persampahan yang tidak sesuai dengan persyaratan dan standar teknis, serta kualitas permukaan jalan lingkungan yang tidak sesuai dengan persyaratan teknis,” kata Bupati.

Sedangkan Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) Sukoharjo, Lanjar Budi Wahono, menyampaikan peningkatan kualitas permukiman kumuh mendukung capaian indikator kinerja utama DPKP pada RPJMD Tahun 2021-2026. “Mendukung pencapaian indikator karena akan mengurangi luasan permukiman kumuh di Sukoharjo,” ujarnya.

Lanjar menyampaikan, bantuan hibah untuk peningkatan kualitas permukiman kumuh di Desa Langenharjo dan Desa Ngrombo masing-masing Rp90 juta. (*)

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

Berita Terbaru