26.2 C
Sukoharjo
Tuesday, July 16, 2024

Presiden Jokowi Tanam Pohon Kelapa Genjah di Sukoharjo

SUKOHARJO – Bupati Sukoharjo, Etik Suryani menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Negara Iriana yang melakukan kunjungan kerja di Dukuh Samin, Desa Sanggang, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo, Kamis (11/8/2022). Presiden Jokowi memulai gerakan nasional penanaman 1 juta kelapa genjah yang bisa panen dalam waktu cepat.

Kegiatan tersebut bertajuk Kelapa Genjah Sebar (Kejar) yang digelar oleh Kementerian Pertanian. Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi menyampaikan penanaman kelapa genjah dilakukan secara nasional. Penanaman kelapa genjah tersebut bisa dilihat hasilnya 2,5 tahun hingga 3 tahun.

Dikatakan Presiden Jokowi, setiap satu pohon kelapa bisa menghasilkan 140-180 buah kelapa dalam satu tahun. Kegiatan Kejar tersebut merupakan satu bagian dari kegiatan “Perkebunan Merdeka”.

Penanaman perdana ini dilakukan di Solo Raya (Sukoharjo, Karanganyar, Boyolali) dengan target 200 ribu batang yang ditanam bertahap dan tersebar di tiga kabupaten tersebut.

“Saya kira ini yang akan terus kita lakukan. Dan di Solo Raya, di Boyolali kita bagi 46 ribu, di Karanganyar kita bagi 44 ribu, dan Sukoharjo 110 ribu kelapa genjah. Ini baru dimulai di sini, nanti di provinsi-provinsi yang memang kelapa itu bisa hidup baik akan kita tanami. Targetnya kurang lebih satu juta kelapa genjah,” kata Presiden.

Tapi yang paling penting, lanjutnya, setelah ditanam disiapkan juga industrialisasinya karena kelapa tersebut dimanfaatkan untuk gula semut dan juga minyak goreng.

Presiden berharap masyarakat di setiap desa menamam kelapa genjah di pekarangan, kebun, dan lahan kosong lainnya sehingga bisa menambah “income” masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi juga menyempatkan diri mengobrol dengan petani di “saung” yang ada dilokasi. Setelah berdialog dengan petani, Presiden juga menyempatkan diri meninjau kandang kambing yang ada di dekat lokasi.

Setelah selesai, Presiden Jokowi juga menyempatkan diri foto bersama petani yang datang ke lokasi untuk menanam kelapa genjah jenis “Bali Kuning” tersebut.

Terlihat hadir Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, Mensesneg Praikno, Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, serta segenap pejabat Forkopimda Sukoharjo. (*)

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

Berita Terbaru