22.5 C
Sukoharjo
Monday, July 15, 2024

Sebanyak 746 Buruh Tani Tembakau dan Buruh Pabrik Rokok Terima BLT DBHCHT 2023

SUKOHARJO – Bupati Sukoharjo, Etik Suryani menyerahkan Bantuan Langsung Tunia (BLT) Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) 2023. Penyerahan dilakukan di Gedung Satria Wijaya Desa Blimbing, Kecamatan Gatak, Jumat (27/10/2023). Total ada 736 penerima BLT DBHCHT ini yang terdiri dari buruh tani tembakau dan buruh pabrik tembakau.

Bupati mengatakan, Kabupaten Sukoharjo merupakan salah satu daerah daerah penghasil tembakau dan produsen rokok. Untuk itu, setiap tahun Sukoharjo menerima Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau yang diperuntukan berbagai kegiatan pembangunan.

“Selama ini Pemkab Sukoharjo telah berupaya semaksimal mungkin untuk merealisasikan kegiatan-kegiatan yang berbasis DBHCHT,” terang Bupati.

Bupati melanjutkan, sesuai Peraturan Menteri Keuangan Nomor : 206/PMK.07/2020 tentang Penggunaan, Pemantauan dan Evaluasi DBHCHT, salah satu kegiatan yang bisa dibiayai DBHCHT adalah pemberian Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada buruh tani tembakau dan buruh pabrik rokok.

Dalam rangka menjalankan amanat Permenkeu tersebut, Pemkab Sukoharjo menyalurkan BLT kepada buruh tani dan buruh rokok yang diharapkan bisa membantu memenuhi kebutuhan keluarga, meringankan beban hidup dan meningkatan kesejahteraan buruh tani tembakau dan buruh pabrik rokok. Selain itu, juga mendukung bidang kesejahteraan masyarakat dalam rangka penguatan perekonomian daerah.

“Untuk itu saya mengajak kepada semuanya untuk memerangi penyebaran rokok ilegal. Karena hasil pajak cukai saat ini juga terdistribusi untuk penanganan stunting. Dengan menekan penyebaran rokok ilegal nantinya semakin banyak pajak cukai yang dihasilkan dan manfaat yang diterima masyarakat juga semakin banyak,” ujar Bupati.

Bupati mengapresiasi atas penyerahan BLT DBHCHT tersebut. Bupati berharap dengan diberikannya bantuan tersebut dapat mendorong dan memberikan stimulan kepada buruh tani tembakau dan buruh rokok dalam memenuhi kebutuhan keluarga, menjaga dan meningkatkan jumlah produksi tembakau Kabupaten Sukoharjo.

“Kepada seluruh penerima bantuan, saya berharap agar dapat memanfaatkan dengan sebaik-baiknya, sehingga bantuan ini benar-benar akan mampu meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran bagi pelaku usaha tembakau di Kabupaten Sukoharjo,” tambahnya.

Sedangkan Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Sukoharjo, Suparmin, menyampaikan BLT DBHCHT diberikan untuk empat bulan sekaligus, yakni Juni, Juli, Agustus, dan September.

Suparmin mengatakan, dari 736 penerima terdiri atas 633 buruh tani tembakau dari kecamatan Gatak, Baki, Kartasura, Grogol, dan Weru dan 103 buruh pabrik tembakau PT Hamsina Jaya Kecamatan Kartasura. Setiap bulan penerima mendapatkan BLT senilai Rp300 ribu.

“BLT DBHCHT ini diberikan sekaligu untuk empat bulan sehingga setiap orang akan menerima Rp1,2 juta,” ujarnya. (*)

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

Berita Terbaru