22.5 C
Sukoharjo
Monday, July 15, 2024

Sosialisasi Bantuan Keuangan Kepada Pemerintah Desa, Bupati: Gunakan Anggaran Sesuai Peruntukan

SUKOHARJO – Bupati Sukoharjo, Etik Suryani membuka acara Sosialisasi Bantuan Keuangan Kepada Pemerintah Desa Tahun Anggaran 2024 serta Penyerahan Piagam Penghargaan dan Lencana Desa Mandiri Tahun 2023. Acara digelar di Auditorium Menara Wijaya Lantai 10, Rabu (15/5/2024).

Bupati menyampaikan, dalam upaya untuk mewujudkan peningkatan kemandirian desa, disusun beberapa program unggulan daerah salah satunya yaitu Penguatan Kapasitas Desa/Kelurahan melalui Bantuan kepada Lembaga Desa/Kelurahan dan RT se-Kabupaten Sukoharjo. Kegiatan pemberian bantuan keuangan kepada Pemerintah Desa merupakan kegiatan yang rutin dilakukan. Perlu adanya sinergitas antara Pemerintah Kabupaten Sukoharjo dengan Pemerintah Desa di seluruh wilayah Kabupaten Sukoharjo.

“Bantuan Keuangan kepada pemerintah Desa merupakan dana bantuan langsung yang dialokasikan kepada pemerintah desa yang digunakan untuk meningkatkan sarana pelayanan masyarakat, kelembagaan dan prasarana desa yang diperlukan serta diprioritaskan oleh masyarakat yang bertujuan meningkatkan pemberdayaan dan menumbuhkan perekonomian masyarakat serta mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat,” paparnya.

Menurut Bupati, Pemkab Sukoharjo pada Penetapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2024 mengalokasikan Anggaran Bantuan Keuangan Kepada Pemerintah Desa Kabupaten Sukoharjo sebesar Rp51,575 miliar bersifat Fisik maupun Non Fisik bagi 150 desa se Kabupaten Sukoharjo.

“Oleh karena itu, saya sangat mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan sosialisasi bantuan keuangan ini. Semoga dengan sosialisasi ini, sebagai patokan bagi Pemerintah Desa untuk bagaimana menata dan mengimplementasikan pelaksanaan bantuan keuangan yang diterima tersebut, sehingga dalam pertanggungjawaban berbagai kegiatan nanti dapat berjalan lancar, aman dan sesuai regulasi,” ujarnya.

Bupati berharap harapkan Kepala Desa mempercepat proses pencairan, melaksanakan sesuai peruntukannya dan segera menyusun laporan pertanggungjawabannya. Bupati mengingatkan bahwa Kepala Desa sebagai penanggungjawab penuh atas pengelolaan bantuan keuangan ini.

“Kepada Bapak/Ibu pimpinan Lembaga/organisasi penerima manfaat bantuan keuangan, mohon dipahami ketentuan dan kebijakan program ini dan tentunya bersama-sama kita dukung program kegiatan lainnya dari Pemerintah Daerah Kabupaten Sukoharjo sehingga akan terwujud Masyarakat Sukoharjo Yang lebih Makmur,” kata Bupati.

Dalam kesempatan itu, selain acara sosialisasi juga dilaksanakan penyerahan Piagam Penghargaan dan Penyematan Lencana Desa Mandiri kepada 26 (dua puluh enam) Kepala Desa di Kabupaten Sukoharjo dengan Status Desa Mandiri Tahun 2023. Penghargaan ini merupakan apresiasi dari Pemerintah kepada Pemerintah Desa yang telah melaksanakan fungsi penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa dengan mengoptimalkan sumberdaya manusia dan sumber dana yang ada di Desa. (*)

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

Berita Terbaru