26.5 C
Sukoharjo
Sunday, July 21, 2024

Bupati Serahkan Bantuan 34 Pompa Air dari Kementan kepada Kelompok Tani

SUKOHARJO – Bupati Sukoharjo, Etik Suryani memimpin “Apel Alsintan” sekaligus menyerahkan bantuan pompa air kepada kelompok tani. Apel digelar di halaman Setda Pemkab Sukoharjo dan dihadiri pejabat Forkopimda, Kamis (16/5/2024).

Bupati menyampaikan, negara berkewajiban mewujudkan ketersediaan, keterjangkauan, dan pemenuhan konsumsi pangan yang cukup, aman, bermutu, dan bergizi seimbang.

Sebagai salah satu upaya mitigasi terhadap perubahan iklim, agar produksi pangan nasional meningkat, Pemerintah melalui Kementerian Pertanian memberikan bantuan pompa air pada Kelompok Tani/ Gabungan Kelompok Tani/ P3A khususnya untuk areal sawah tadah hujan dalam Kegiatan Pompanisasi mendukung Penambahan Areal Tanam (PAT).

“Pemberian bantuan tersebut merupakan salah satu cara pemerintah untuk meringankan beban petani yang terdampak El Nino pada tahun 2023 yang masih dirasakan pada tahun 2024 ini, dengan mundurnya musim tanam,” terangnya.

Bupati melanjutkan, sesuai dengan peramalan iklim dari BMKG bahwa curah hujan di Indonesia masih belum normal. Kondisi ini menyebabkan menurunnya ketersediaan air di Indonesia sehingga tidak mencukupi untuk penanaman padi dan terjadinya penurunan luas tanam pada bulan Oktober 2023 sampai dengan Februari 2024 sebesar kurang lebih 18,71%.

Mundurnya musim tanam ini berdampak langsung pada ketersediaan beras dalam negeri dan dikhawatirkan akan terjadi darurat pangan khususnya pada komoditas padi. Dalam rangka percepatan tanam dan peningkatan produksi khususnya pada tanaman padi dengan mengantisipasi dampak terhadap perubahan iklim di sektor pertanian, maka Kementerian Pertanian mengambil kebijakan yang disebut Penambahan Areal Tanam (PAT) untuk peningkatan produksi padi.

“Melalui Kegiatan PAT padi, diharapkan terjadi peningkatan ketersediaan air untuk irigasi, baik di lokasi sawah irigasi yang kekurangan air maupun lokasi sawah tadah hujan, sehingga dalam satu tahun dapat terjadi 2 atau 3 kali masa tanam,” kata Bupati.

Bantuan pompa air dari Kementan sendiri ada 34 unit dan kepada 34 kelompok tani di Kabupaten Sukoharjo. Bupati berharap bantuan dapat bermanfaat bagi petani pada khususnya dan masyarakat Kabupaten Sukoharjo pada umumnya.

“Saya sangat berharap bantuan ini tepat sasaran dan tepat guna, sehingga dapat mendukung keberhasilan program Penambahan Areal Tanam (PAT) di Kabupaten Sukoharjo,” tambah Bupati. (*)

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

Berita Terbaru