26.2 C
Sukoharjo
Tuesday, July 16, 2024

Bupati Buka “Polokarto Tumoto Expo 2023” dan Launching BUMdesma Polokarto Tumoto

SUKOHARJO – Bupati Sukoharjo, Etik Suryani membuka acara “Polokarto Tumoto Expo 2023”, Kamis (26/10/2023) malam. Dalam kesempatan iu juga diserahkan Bantuan Sosial Rumah Tangga Miskin (RTM) Alokasi Surplus UPK PNPM Mandiri Perdesaan Polokarto serta Launching BUMDesma Polokarto Tumoto.

Bupati menyampaikan, program pemberdayaan merupakan salah satu program prioritas di bidang pengentasan kemiskinan. Salah satu strategi penurunan kemiskinan yang penting selain mengurangi beban pengeluaran adalah dengan meningkatkan pendapatan seperti peningkatan akses permodalan, peningkatan kualitas produk dan akses pemasaran, pengembangan keterampilan dan layanan usaha, serta pengembangan kewirausahaan, kemitraan, dan keperantaraan.

“Seperti diketahui, PNPM Mandiri Perdesaan merupakan salah satu program penanggulangan kemiskinan yang berbasis pemberdayaan masyarakat,” ujar Bupati.

menurutnya, melalui program tersebut, diharapkan mampu menciptakan atau meningkatkan kapasitas masyarakat, baik secara individu maupun berkelompok, dalam memecahkan berbagai persoalan terkait upaya peningkatan kualitas hodup, kemandirian dan kesejahteraannya.

Sehingga, dengan keterlibatan seluruh komponen masyarakat dalam pembangunan akan menjadikan pembangunan lebih teearah dan tepat sasaran.

Untuk itu, diharapkan Pengurus UPK dan seluruh pelaku PNPM Mandiri Perdesaan Polokarto untuk terus melestarikan program tersebut. Sehingga, apa yang menjadi tujuand dari PNPM Mandiri Perdesaan dapat tercapai dengan baik, khususnya dalam upaya kemiskinan di Sukoharjo.

“Dalam kesempatan ini juga diserahkan bantuan sosial bagi rumah tangga miskin Alokasi Surplus UPK 2023 sebanyak 50 RTM. Saya harap bantuan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,” pesan Bupati.

Disisi lain, Bupati sekaligus meluncurkan BUMDesma Polokarto Tumoto yang merupakan transformasi dari UPK PNPM Mandiri Perdesaan Kecamatan Polokarto.

Bupati berharap dengan BUMdesma tersebut dapat meningkatkan pendapatan masyarakat desa sekitarnya dan meningkatkan perekonomian bagi masyarakat. (*)

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

Berita Terbaru