31.3 C
Sukoharjo
Tuesday, July 23, 2024

Bupati Dorong Pelaku Usaha Miliki Nomor Induk Berusaha

SUKOHARJO – Bupati Sukoharjo, Etik Suryani mendorong pelaku usaha di Kabupaten Sukoharjo memiliki legalitas Nomor Induk Berusaha (NIB). Hal itu disampaikan saat membuka acara Sosialisasi dan Pemberian Fasilitas Legalitas Nomor Induk Berusaha (NIB) di Lantai 10 Gedung Menara Wijaya, Selasa (14/11/2023).

“Pemerintah baik pusat maupun daerah mempunyai komitmen yang sama yaitu mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur, selain itu juga berusaha menjadikan Negara Indonesia menjadi Negara yang maju,” ujarnya.

Menurut Bupati, salah satu syarat dari suatu negara agar menjadi negara maju adalah prosentase wirausaha minimal 4% % dari populasi penduduk, dan saat ini Indonesia baru mencapai rasio kewirausahaan sebesar 3,47%. Untuk itu diperlukan stimulant dan fasilitasi kepada masyarakat untuk bisa muncul wirausaha-wirausaha baru.

“Salah satu indikator munculnya wirausaha baru adalah adanya pelaku usaha baru yang ditandai dengan adanya Nomor Induk Berusaha (NIB) yang terbit,” kata Bupati.

Fungsi dan manfaat Nomor Induk Berusaha (NIB) selain digunakan sebagai Identitas Usaha, adalah sebagai dokumen legalitas, proses perizinan usaha lebih mudah dan cepat, empermudah perolehan investasi dan pengajuan pinjaman, saha lebih kredibel, dan mendapatkan pendampingan usaha.

“Oleh karena itu, saya sangat mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan Sosialisasi dan Pemberian Fasilitas Legalitas NIB pada ini,” katanya.

Bupati berharap setelah sosialisasi dan pemberian fasilitas legalitas Nomor Induk Berusaha tidak ada lagi kesulitan bagi masyarakat terutama pelaku usaha Mikro Kecil untuk memperoleh NIB. (*)

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

Berita Terbaru