26.2 C
Sukoharjo
Tuesday, July 16, 2024

Bupati Terima Tim Penilai Lomba KB Pria Tingkat Nasional, Berharap Keluar Sebagai Juara

SUKOHARJO – Bupati Sukoharjo, Etik Suryani menerima Tim Verifikasi Lapangan Penilaian Lomba KB Pria Tingkat Nasional BKKBN RI. Penerimaan tim penilai dilakukan di ruang rapat Bupati, Jumat (31/5/2024).

“Saya atas nama pribadi dan Pemkab Sukoharjo mengucapkan selamat datang dan terima kasih” kepada Tim Verifikasi Lapangan Penilaian Lomba KB Pria Tingkat Nasional BKKBN RI, beserta rombongan di Kabupaten Sukoharjo,” ujar Bupati mengawali sambutan.

Menurut Bupati, sebagaimana diketahui bersama, Program Keluarga Berencana (KB) merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mengendalikan laju pertumbuhan penduduk serta membentuk keluarga yang berkualitas. Pendekatan program KB saat ini tidak hanya fokus pada pengendalian populasi dan penurunan fertilitas saja tetapi juga diarahkan pada pemenuhan hak-hak reproduksi.

“Partisipasi pria menjadi penting dalam KB dan KR (Kesehatan Reproduksi) karena pria adalah “partner” dari wanita dalam reproduksi dan seksual, sehingga pria dan wanita harus berbagi tanggung jawab,” ujarnya.

Pemkab Sukoharjo melalui Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dan P3A terus mengupayakan agar kesertaan KB Pria dapat meningkat dengan mengatasi faktor penyebab rendahnya kesertaan KB pria.

Upaya Pemerintah untuk meningkatkan partisipasi pria dalam pemakaian kontrasepsi dilakukan secara intensif dan terus-menerus, diantaranya melalui pemberdayaan ekonomi keluarga, meningkatkan kepesertaan KB pria khususnya MOP Vasektomi dan menyediakan fasilitas KIE dan konseling tentang informasi KB pria.

Sebagai informasi, Kelompok KB Pria “Surya Kencana” Desa Karangwuni, Kecamatan Weru Kabupaten Sukoharjo, berdasarkan penilaian profil dan presentasi berhasil sebagai juara 1 tingkat Provinsi dan mewakili Provinsi Jawa Tengah ke Tingkat Nasional menjadi 3 (tiga) nominasi terbaik bersama Provinsi Jawa Timur dan Jawa Barat.

“Untuk itu saya memberikan apresiasi dan terima kasih atas raihan ini. Saya berharap kepada seluruh pihak terkait dapat bergerak aktif dan saling bersinergi mengikuti proses verifikasi penilaian Lomba KB Pria Tingkat Nasional ini dengan sebaik-baiknya, sehingga Kabupaten Sukoharjo diharapkan mampu menorehkan prestasi berhasil menjadi juara Tingkat Nasional,” harap Bupati. (*)

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

Berita Terbaru