25.1 C
Sukoharjo
Tuesday, July 23, 2024

Tebar Benih Ikan di Embung Djowo Desa Ponowaren, Ini Pesan Bupati

SUKOHARJO – Bupati Sukoharjo, Etik Suryani menerbar benih ikan di Embung Djowo Desa Ponowaren, Kecamatan Tawangsari, Jumat (31/5/2024). Kegiatan tersebut digelar oleh Dinas Pertanian dan Perikanan.

Dalam kesempatan itu, Bupati menyampaikan jika salah satu sumber protein yang bermutu tinggi terdapat pada ikan. Ikan termasuk bahan makanan yang mengandung asam lemak omega-3 dan vitamin K serta kaya akan protein, lemak sehat dan mineral. Kandungan gizi pada ikan sangat berpengaruh untuk perkembangan dan pertumbuhan pada anak.

“Kabupaten Sukoharjo memiliki perairan umum daratan dengan luasan 958,9 hektar berupa waduk, sungai, embung, kali mati dan genangan air lainnya. Terdapat 890 rumah tangga yang melakukan usaha penangkapan ikan untuk mencukupi kebutuhan pangan dan untuk menambah penghasilan. Produksi ikan hasil tangkapan di perairan umum mencapai 400.228 kg pada tahun 2023,” papar Bupati.

Menurutnya, Pemkab Sukoharjo melalui Dinas Pertanian dan Perikanan, dari tahun ke tahun telah memfasilitasi kegiatan penyediaan benih ikan untuk ditebar di perairan umum maupun di kolam kelompok masyarakat, melalui APBD. Penebaran benih ikan yang rutin dilaksanakan diharapkan dapat meningkatkan ketersediaan stok ikan yang ada di perairan umum yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk bisa mengkonsumsi ikan.

“Jadi, kegiatan ini merupakan upaya pemerintah Kabupaten Sukoharjo dalam meningkatkan produksi ikan, angka konsumsi ikan, dan meningkatkan gizi masyarakat,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga menyerahkan sejumlah bantuan kepada kelompok tani (klomtan) maupun gabungan kelompok tani (gapoktan).

Kepada Bapak Camat dan Kepala Desa, Bupati berpesan agar ikut berperan dalam menjaga kelestarian lingkungan perairan umum, salah satu upaya yang bisa dilakukan antara lain ikut memasang rambu peringatan larangan menangkap ikan yang merusak lingkungan dan himbauan untuk menjaga kebersihan lingkungan. Peran PKK juga diperlukan dalam menjaga kelestarian perairan umum di lingkungan masing-masing.

“Kepada masyarakat sekitar untuk ikut mengawasi perairan umum, dan tidak melakukan penangkapan ikan yang merusak lingkungan serta gunakan alat tangkap yang tidak membahayakan penggunanya. Tangkaplah ikan secara selektif, ambil ikan yang sudah berukuran cukup untuk dikonsumsi, biarkan ikan yang kecil untuk tetap tumbuh di perairan umum,” tambahnya. (*)

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

Berita Terbaru