26.2 C
Sukoharjo
Tuesday, July 16, 2024

Grebeg Penjalin Desa Trangsan Selesai, Ditutup Oleh Bupati

SUKOHARJO – Acara Grebeg Penjalin di Desa Trangsan, Kecamatan Gatak resmi selesai dan ditutup oleh Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, Sabtu (17/6/2023) malam. Penutupan acara ditandai dengan Pagelaran Wayang Kulit dengan dalang Ki Gondo Wartoyo dengan lakon “Wahyu Sri Sadono”.

“Mengawali sambutan pada malam hari ini, saya atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Sukoharjo menyampaikan apresiasi kepada Kepala Desa Trangsan, Ketua Panitia Grebeg Penjalin dan semua pihak, atas terselenggaranya kegiatan ini dengan lancar dan sukses,” ujar Bupati

Bupati melanjutkan, seperti diketahui, Grebeg penjalin ini merupakan event seni dan budaya kerajinan rotan yang telah berlangsung selama delapan hari. Grebeg ini merupakan sebagai wujud syukur kepada Tuhan atas karunianya sehingga Desa Trangsan menjadi sentra industri mebel rotan. Kegiatan ini tidak saja meriah, namun telah menampilkan kreativitas masyarakat dan inovasi para pengrajin rotan, sehingga hal ini menjadi magnet bagi warga masyarakat untuk menyaksikan rangkaian kegiatan Grebeg Penjalin ini.

“Malam ini, kita juga akan menyaksikan pagelaran wayang kulit dengan lakon “Wahyu Sri Sadono”. Seperti kita ketahui bersama, bahwa pewayangan merupakan suatu ensiklopedia yang hidup, tentang perilaku kehidupan manusia yang banyak mengandung falsafah hidup, etika, estetika, kesetiaan, pengabdian dan cinta tanah air,” ujar Bupati.

Bupati juga mengatakan, pakeliran jangan hanya dilihat sebagai tontonan semata, namun juga harus kita jadikan sebagai tuntunan dan falsafah hidup, sehingga mampu menjadi dasar dalam pengabdian kita kepada masyarakat dan Bangsa Indonesia tercinta. (*)

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

Berita Terbaru