20.9 C
Sukoharjo
Saturday, July 13, 2024

Bupati Buka Expo Rumaket di GP3D, Berharap Dorong Kebangkitan UMKM

Bupati Sukoharjo, Etik Suryani meninjau stan Expo Rumaket di GP3D, Sabtu (6/5/2023).

SUKOHARJO – Bupati Sukoharjo, Etik Suryani membuka Expo Rumah Pemuda Kreatif dan Inovatif (Rumaket). Expo tersebut digelar oleh Dinas Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Sukoharjo di Gedung Pusat Promosi Potensi Daerah (GP3D). Expo diikuti perwakilan UMKM dari 12 kecamatan.

“Mengawali sambutan ini, saya atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Sukoharjo mengucapkan terima kasih kepada panitia dan semua pihak, yang telah berpartisipasi dan mendukung penyelenggaraan kegiatan ini,” ujar Bupati.

Menurutnya, Rumaket merupakan salah satu wadah yang dibentuk untuk melahirkan kreatifitas dan inovasi pemuda pemudi di Kabupaten Sukoharjo. Seperti kita ketahui bersama Pemuda Sukoharjo telah menciptakan berbagai kreativitas dan inovasi yang tinggi, hal ini dibuktikan dengan banyaknya UMKM dan ekonomi kreatif yang di gawangi oleh pemuda seperti : kuliner, hnadycraft, fashion, fotografi, kesenian, musik, batik, gamelan, mebel dan lian-lain.

“Bentuk-bentuk usaha pemuda ini perlu wadah yang menaunginya, sehingga nantinya usaha-usaha dan kreatifitas pemuda Sukoharjo dapat lebih dikenal oleh masyarakat di Kabupaten Sukoharjo bahkan lebih luas lagi di tingkat nasional,” ujarnya.

Dengan adanya perkembangan dan kemajuan teknologi saat ini, lanjut Bupati, segala macam informasi dapat dengan mudah diakses. Sehingga diharapkan para generasi muda dapat lebih jeli dalam menangkap peluang-peluang yang tersedia.

Terlebih lagi dengan memanfaatkan teknologi informasi ini generasi muda dapat memperkenalkan produk-produk usahanya. Sebagai generasi penerus bangsa diharpakan harus bisa menggunakan teknologi dengan arif dan bijaksana, sehingga dapat memanfaatkannya untuk hal-hal yang mendatangkan keuntungan dan bernilai positif.

“Oleh karena itu, saya memberikan apresiasi atas penyelenggaraan kegiatan ini. Saya berharap melalui kegiatan ini dapat mengenalkan kreativitas dan inovasi Pemuda Sukoharjo secara luas baik ditingkat regional dan nasional,” tamnbahnya.

Sedangkan Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Sukoharjo, Setyo Aji Nugroho mengatakan, bahwa Expo Rumaket tersebut diselenggarakan pertama kali di Jawa Tengah. Expo sendiri diikuti oleh peserta UMKM perwakilan dari 12 Kecamatan di Sukoharjo.

“Total ada 30 stan untuk UMKM di Sukoharjo,” kata Setyo Aji Nugroho. (*)

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

Berita Terbaru