25.6 C
Sukoharjo
Tuesday, July 16, 2024

Hingga Jatuh Tempo, Sebanyak 93 Desa dan 13 Kelurahan Berhasil Lunas PBB, Pemkab Beri Apresiasi

SUKOHARJO – Pemkab Sukoharjo dalam hal ini Badan Pengelolaan Keuangan Pendapatan dan Aset Daerah (BPKPAD) Sukoharjo menggelar “Tax Gathering 2023” di Wisma Boga, Solo Baru, Grogol, Rabu(22/11/2023). Acara tersebut dihadiri Bupati Etik Suryani, Wakil Bupati Agus Santosa dan pejabat Forkopimda.

Dalam acara tersebut terungkap ada 93 desa dan 13 kelurahan di Kabupaten Sukoharjo yang berhasil lunas pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) hingga jatuh tempo 30 September 2023. Selain itu, ada empat kecamatan yang juga berhasil lunas, yakni Kecamatan Bulu, Tawangsari, Polokarto, dan Kecamatan Weru.

Tax Gathering sendiri merupakan acara untuk memberikan apresiasi kepada pelaku PBB di Kabupaten Sukoharjo yang berprestasi. Selain itu, juga dilakukan undian puluhan hadiah untuk wajib pajak (WP) dengan hadiah utama empat sepeda motor.

Bupati menyampaikan, PBB merupakan salah satu jenis pajak daerah yang dikenakan atas tanah dan bangunan. Adanya PBB karena kepemilikan hak, penguasaan, dan/ atau perolehan manfaat terhadap suatu tanah/ bumi dan bangunan.

“Saya mengucapkan selamat dan terimakasih serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada 106 Kepala Desa/Lurah dan 12 Camat yang telah bekinerja dengan baik atas capaian prestasinya dalam membantu penagihan PBB, sehingga lunas pagu ketetapan pokok di wilayahnya,” ujar Bupati.

Menurutnya, hal tersebut mengindikasikan bahwa berbagai langkah pembenahan serta inovasi telah dilakukan dalam pengelolaan PBB di daerah, sudah pada jalur yang benar dan direspon dengan baik, yang ditandai dengan meningkatnya kesadaran dalam membayar PBB. Bupati berharap penghargaan yang diterima tahun ini, bisa terus dipertahankan untuk tahun-tahun selanjutnya, dan menjadi penyemangat/ motivasi untuk terus meningkatkan kualitas layanan PBB kepada masyarakat.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga menekankan agar penonaktifan Nomor Objek Pajak (NOP) bagi wajib pajak memiliki tunggakan pajak selama 3 (tiga) tahun atau lebih agar terus dilaksanakan. Pasalnya, hal itu merupakan langkah yang efektif dalam memberikan peringatan kepada wajib pajak dalam hal tertib membayar kewajiban pajaknya.

Sedangkan Kepala BPKPAD Sukoharjo, Richard Tri Handoko, menyampaikan kegiatan “Tax Gathering” digelar tahunan sebagai bentuk apresiasi kepada para pelaku pemungutan PBB. Selain itu, juga dilakukan pengundian hadiah untuk wajib pajak (WP).

“Tahun 2023 ini terdapat 93 desa dan 13 kelurahan yang berhasil lunas PBB hingga jatuh tempo. Untuk kecamatan terdapat empat kecamatan yang berhasil lunas,” ujarnya.

Atas pencapaian tersebut, BKD memberikan penghargaan kepada 106 Kepala Desa dan 12 camat yang meraih capaian optimal pembayaran PBB 2023.

Richard juga menyampaikan, realisasi PBB Kabupaten Sukoharjo hingga 30 September 2023 sebesar Rp34,125 miliar atau 86,52% dari ketetapan pokok Rp39,740 miliar. Richard optimistis, hingga akhir Desember 2023 nanti target tersebut bisa terpenuhi. (*)

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

Berita Terbaru