25.6 C
Sukoharjo
Tuesday, July 16, 2024

Ketua DPR RI Puan Maharani Salurkan Aspirasi PIP Untuk 1.563 Siswa

SUKOHARJO – Sebanyak 1.563 siswa jenjang SD, SMP, SMA/SMK dan SLB menerima bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) dari Ketua DPR RI, Puan Maharani. Secara simbolis bantuan PIP tersebut diberikan oleh Wakil Bupati (Wabup) Sukoharjo, Agus Santosa, di Auditorium Gedung Menara Wijaya, Senin (1/11/2021).

Wabup mengatalan, PIP yang diberikan tersebut merupakan aspirasi dari Ketua DPR RI, Puan Maharani untuk siswa di Kabupaten Sukoharjo. Kartu Indonesia Pintar (KPI) diberikan sebagai identitas penerima bantuan pendidikan dimana kartu PIP menjadi jaminan dan kepastian anak-anak usia sekolah terdaftar sebagai penerima bantuan pendidikan.

“Siswa pemilik KP jenjang SD, SMP, SMA dan SMK menerima bantuan dana dari pemerintah yang dapat dogunakan untuk membantu biaya pribadi peserta didik seperti membeli perlengkapan sekolah, uang saku, dan biaya transportas,” ujar Agus.

Menurutnya, program tersebut dirancang untuk membantu anak-anak usia sekolah dari keluarga miskin/rentan miskin prioritas tetap mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat pendidikan menengah. Melalui program tersebut pemerintah berupaya mencegah peserta didik dari kemungkinan putus sekolah, dan diharapkan dapat menarik siswa putus sekolah agar kembali melanjutkan pendidikannya.

Untuk tahun ini, ujar Agus, Kabupaten Sukoharjo menerima PIP dari aspirasi Puan Maharani sebanyak 1.563 siswa. Terdiri dari jenjang SD 761 siswa, SMP 412 siswa, SMA 170 siswa, SMK 218 siswa, dan SLB dua siswa.

Sementara itu, Kabid SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sukoharjo, Warsini, mengatakan jika bantuan PIP tersebut langsung diterimakan pada siswa melalui rekening masing-masing. Warsini mengatakan, bantuan langsung melalui rekening dan tidak melalui dinas dimana nilai bantuan berbeda tergantung jenjangnya.

“Nilai bantuan untuk jenjang SD sebesar Rp450 ribu, SMP Rp750 ribu, dan SMA/SMK Rp1 juta. Bantuan tersebut diterimakan sekali dalam setahun untuk membantu biaya personal siswa,” tamnahnya. (*)

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

Berita Terbaru