31.9 C
Sukoharjo
Sunday, July 21, 2024

Lantik Pengurus Baznas Periode 2022-2027, Bupati Berharap Sinergi dengan Pemkab Ditingkatkan

SUKOHARJO – Bupati Sukoharjo, Etik Suryani mengambil sumpah/janji serta melantik Pengurus Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sukoharjo periode 2022-207 dilantik. Proses pelantikan sendiri dilakukan di Hotel Tosan Solo Baru, Kecamatan Grogol, Selasa (7/6/2022). Hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati, Agus Santosa serta pejabat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Untuk susunan pengurus Baznas Sukoharjo periode 2022-2027 sendiri terdiri atas Ketua Sardiyono, Wakil Ketua I Sofwan Faisal Sifyan, Wakil Ketua II Legiman Luqman Hakim, Wakil Ketua III Joko Purwanto, Wakil Ketua IV Wahyono.

Bupati menyampaikan, Baznas itu merupakan salah satu lembaga nonstruktural yang memberi kontribusi kepada negara di bidang pembangunan kesejahteraan masyarakat dan penanggulangan kemiskinan melalui pengelolaan dana zakat. Keberadaan Baznas merupakan sebagai instrumen untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanan dalam pengelolaan zakat yang dikeluarkan masyarakat khususnya umat Islam.

“Pegelolaan dan pendistribusian zakat yang dikelola secara amanah, professional, dan tepat sasaran serta diharapkan akan mengubah mustahik menjadi muzaki. Sehingga zakat dapat memecahkan masalah kemiskinan dengan cara memberdayakan orang-orang miskin agar menjadi lebih produktif dan sejahtera,” ujar Bupati.

Menurutnya, Baznas berperan sebagai penyedia bantuan jaminan sosial bagi fakir miskin di tanah air kita. Kehadiran lembaga ini menopang tugas negara dalam mensejahterakan masyarakat, sehingga sewajarnya disokong oleh pemerintah.

Bupati berharap kepada Pimpinan Baznas Kabupaten Sukoharjo yang baru saja dilantik, untuk segera berkoordinasi dan menyusun langkah-langkah strategis dan program kerja guna mewujudkan tujuan dan harapan organisasi. Selain itu, Baznas diharapkan senantiasa mengembangkan prinsip kerja yang akomodatif, demokratis dan transparan dalam mendukung program-program Pemkab Sukoharjo.

“Kepada pengurus lama, penghargaan dan terima kasih kami ucapkan atas dedikasi dan kerja kerasnya telah mengabdikan diri untuk kepentingan masyarakat, bangsa dan negara. Semoga semua itu menjadi amal baik dan mendapatkan balasan pahala yang berlimpah dari Allah SWT. Aamiin Allahuma Aamiin,’ lanjut Bupati.

Dalam kesempatan tersebut Bupati juga menghimbau kepada seluruh Kepala Perangkat Daerah dan Camat Se Kabupaten Sukoharjo untuk memberikan dukungan dan kerjasamanya dalam penghimpunan zakat dalam rangka memaksimalkan penerimaan zakat khususnya di satuan kerja perangkat daerah masing-masing. (*)

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

Berita Terbaru