25.6 C
Sukoharjo
Tuesday, July 16, 2024

Peringati Harganas 2023, Petugas KB Ikuti Apel, Bupati: Fokus Penurunan Stunting

SUKOHARJO – Pemkab Sukoharjo menggelar Apel Petugas KB Se-Kabupaten Sukoharjo dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional Ke-30 Tahun 2023, Jumat (21/7/2023). Apel digelar di halaman Setda Pemkab Sukoharjo dan dipimpin oleh Bupati Sukoharjo, Etik Suryani.

Bupati menyampaikan, dengan momentum peringatan Harganas diharapkan semakin meningkatkan semangat dan motivasi dalam mewujudkan keluarga berkualitas dan bebas stunting, khususnya di Kabupaten Sukoharjo.

“Peringatan ini merupakan momentum bagi kita semua untuk menggerakkan rasa nasionalisme membangun negeri diantaranya melalui Pembangunan Keluarga,” ujar Bupati

Menurutnya, keluarga memiliki peran yang sangat penting dalam upaya mengembangkan pribadi anak. Pengasuhan orang tua yang penuh kasih sayang dan pendidikan tentang nilai-nilai kehidupan, baik agama maupun sosial budaya merupakan faktor yang kondusif untuk mempersiapkan anak menjadi pribadi dan anggota masyarakat yang berkualitas sebagai generasi penerus bangsa.

Nilai-nilai saling menghormati dan toleransi bisa ditanamkan sejak dini di keluarga. Keluarga menjadi tempat pertama seorang anak belajar bersosialisasi dengan orang lain, yaitu orangtua dan saudara-saudaranya.

“Melalui keluarga, kita membentuk dasar-dasar karakter manusia terutama karakter dan kepribadian anak kita, sebagai generasi penerus bangsa. Di dalam keluarga kita membangun kualitas manusia yang utuh, yang mencakup segi kesehatan, pendidikan, ketrampilan, sikap, karakter dan lain sebagainya. Sehingga kualitas manusia sangat ditentukan oleh Kualitas Keluarga,” lanjut Bupati.

Bupati juga mengatakan, Peringatan Hari Keluarga Nasional tahun ini, mengusung tema “Menuju Keluarga Bebas Stunting”, sangatlah tepat. Saat ini di wilayah Kabupaten Sukoharjo masih ada balita yang mengalami stunting, kondisi ini disebabkan karena kurang gizi yang cukup lama dan infeksi berulang. Untuk itu diperlukan peran yang aktif antara pemerintah daerah melalui dinas terkait dengan masyarakat dalam upaya penurunan dan pencegahan stunting di Kabupaten Sukoharjo.

“Saya berharap kepada para petugas KB di Kabupaten Sukoharjo, baik di tingkat Kabupaten, maupun di lapangan seperti PLKB, PPKBD dan Sub PPKBD untuk lebih bersemangat dan senantiasa berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait serta fokus dalam upaya penurunan stunting di Kabupaten Sukoharjo,” tambahnya. (*)

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

Berita Terbaru