25.1 C
Sukoharjo
Tuesday, July 23, 2024

Optimalkan Ragam Pangan, Pemkab Sukoharjo Gelar Lomba Cipta Menu Beragam Bergizi Seimbang dan Aman

SUKOHARJO – Bupati Sukoharjo, Etik Suryani menghadiri Lonba Cipta Menu Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) Tingkat Kabupaten Sukoharjo 2023. Lomba digelar oleh Dinas Pangan dan berlangsung di Pendopo Graha Satya Praja (GSP), Rabu (29/11/2023).

Dalam kesempatan itu Bupati mengatakan, lomba tersebut diharapkan mampu mewujudkan konsumsi pangan yang memenuhi prinsip B2SA bagi masyarakat di Kabupaten Sukoharjo.

“Konsumsi pangan yang berkualitas dapat diwujudkan apabila makanan yang dikonsumsi sehari-hari mengandung gizi lengkap dengan jumlah yang seimbang antar kelompok pangan, serta memperhatikan cita rasa, daya cerna, daya terima dan daya beli masyarakat, atau yang lebih dikenal dengan Pangan Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA),” papar Bupati.

Menurutnya, salah satu masalah kekurangan gizi yang saat ini menjadi perhatian pemerintah adalah stunting yaitu kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis, sehingga anak terlalu pendek untuk usianya. Berbagai persoalan kesehatan juga dihadapi masyarakat dewasa ini akibat dari kelebihan gizi seperti kelebihan berat badan (obesitas) yang rentan terhadap penyakit jantung, diabetes dan lainnya.

Selain itu, ujarnya, konsumsi pangan yang kurang, juga dapat berdampak tidak baik terhadap kesehatan dan perkembangan tubuh manusia.

“Untuk itu sekali lagi saya sangat mengapresiasi atas penyelenggaraan kegiatan ini, saya berharap semoga melalui lomba ini dapat memantapkan kemandirian pangan lokal dan pelestarian sumber daya alam dengan memanfaatkan hasil potensi alam daerah, seperti jagung, singkong, ubi jalar, pisang, sukun dan komoditas pangan lainnya yang tersebar di Sukoharjo,” kata Bupati. (*)

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

Berita Terbaru