22.8 C
Sukoharjo
Friday, July 19, 2024

Rakor Desk Pemilu 2024, Bupati: Sinergi Semua Lini

SUKOHARJO – Bupati Sukoharjo, Etik Suryani menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Desk Pemilu Tahun 2024. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Hotel Tosan Solo Baru, Kecamatan Grogol, Selasa(6/2/2024).

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan bahwa Tahun 2024 adalah momen politik yang sangat penting, karena kita menyelenggarakan pesta demokrasi terbesar dan secara serentak dalam tahun yang sama. Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPR, DPD, DPRD, dan dilanjutkan dengan Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur, Pemilihan Bupati-Wakil Bupati, dan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota.

“Pelaksanaan Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legislatif secara serentak Tahun 2024 akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024 sedangkan Pemilihan Kepala Daerah akan dilaksanakan pada tanggal 27 November 2024,” ujarnya.

Bupati melanjutkan, hal itu menjadi pekerjaan besar yang sangat menentukan masa depan bangsa, masa depan negara, dengan melibatkan jumlah pemilih yang sangat besar. Suksesnya penyelenggaraan Pemilu 2024 tidak hanya menjadi tanggungjawab dari penyelenggara pemilu saja, dalam hal ini Komisi Pemilihan umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), akan tetapi menjadi tanggung jawab bersama termasuk pemerintah dan juga masyarakat.

“Salah satu bentuk dukungan pemerintah Kabupaten Sukoharjo yaitu dengan dibentuknya Tim Desk Pemilihan Umum Legislatif, Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden serta Pemilihan Umum Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2024. Urgensi pembentukan Desk Pemilu yaitu membantu kelancaran pelaksanaan tugas, wewenang, dan kewajiban penyelenggaraan pemilu,” kata Bupati.

Menurutnya, bantuan dan fasilitasi yang diberikan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, sebagai antisipasi terjadinya hal-hal yang akan menghambat proses pentahapan Pemilu Serentak Tahun 2024 dan menjadikan Pemilu Serentak Tahun 2024 berdasarkan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil; serta menekan, mengurangi, dan mencegah terjadinya pelanggaran-pelanggaran.

Oleh karena itu, Bupati memberikan apresiasi atas penyelenggaraan kegiatan Rapat Koordinasi tersebut. Pasalnya, rakor ini merupakan salah satu langkah untuk mensinergikan kerjasama yang optimal antara Pemerintah Daerah, TNI, Polri, dan penyelenggara Pemilu guna mencegah permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan Pemilu dalam rangka menjaga keamanan dan kelancaran Pemilu Tahun 2024.

“Melalui rakor ini, diharapkan dapat menggerakkan semua potensi satuan kerja untuk secara efektif memetakan dan mengatasi potensi permasalahan menjelang Pemilu 2024, sehingga penyelenggaraan Pemilu dapat berjalan aman, nyaman, dan kondusif,” tambahnya. (*)

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

Berita Terbaru