25.1 C
Sukoharjo
Tuesday, July 23, 2024

Selesai Dibangun, Gedung Depo Arsip Sukoharjo Diresmikan Bupati

SUKOHARJO – Pembangunan Depo Arsip Dinas Keaarsipan dan Perpustakaan (Disarpus) Kabupaten Sukoharjo telah selesai akhir 2022 lalu. Depo Arsip tersebut akhirnya diresmikan oleh Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, Kamis (24/8/2023).

“Depo arsip ini sangat penting karena arsip merekam informasi kegiatan atau peristiwa yang melekat pada wujud aslinya yang otentik, sah dan kredibel. Setelah masa kegunaan selesai akan menjadikan sejarah yang dapat dipergunakan sebagai bahan penelitian dalam ilmu pengetahuan,” ungkap Bupati.

Menurutnya, arsip merupakan catatan kehidupan kebangsaan yang perlu diabadikan, yakni sebagai bahan pertanggungan jawab kepada generasi mendatang dalam melanjutkan cita-cita generasi terdahulu.

“Arsip sebagai potret jati diri bangsa tentunya harus mendapatkan perhatian agar dikelola dengan baik,” lanjutnya.

“Oleh karena itu saya memberikan apresiasi atas Peresmian Gedung Depo Arsip ini. Saya berharap dengan adanya Gedung Depo Arsip ini, kita dapat menjaga dan merefleksikan perjalanan panjang Sukoharjo,” sambung Bupati.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga mengajak seluruh warga Sukoharjo untuk bergandengan tangan dalam menjadikan budaya baca dan literasi sebagai bagian yang tak terpisahkan dari identitas sebagai masyarakat Sukoharjo yang cerdas, kreatif, dan inovatif.

“Mari kita jadikan Hari Jadi Sukoharjo ke-77 dan HUT RI ke-78 sebagai momentum awal untuk memperkuat semangat membaca dan literasi guna mencapai tujuan besar bersama, yaitu Indonesia yang maju dan berbudaya,” tamnbahnya.

Sedangkan Kepala Disarpus Sukoharjo, Proboningsih Dwidanarti, menyampaikan pembangunan Depo Arsip sebagai perwujudan komitmen Pemkab Sukoharjo, dalam rangka penyediaan Pusat Informasi dan Dokumentasi dalam memberikan layanan kepada masyarakat dengan mudah, cepat dan tepat. Selain itu, juga sebagai sarana peningkatan pencapaian hasil penilaian Audit (Pengawasan) Kearsipan, yaitu sebagai salah satu fasilitasi dalam intrumen penilaian yang harus dipenuhi.

“Depo Arsip juga dalam upaya meningkatkan Indek Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) dan Upaya Meningkatkan Tingkat Kegemaran Membaca (TGM) Masyarakat Sukoharjo,” ujarnya. (*)

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

Berita Terbaru