25.6 C
Sukoharjo
Tuesday, July 16, 2024

Sukoharjo Kembali Raih Adipura 2023 untuk Kategori Kota Kecil

SUKOHARJO – Kabupaten Sukoharjo kembali meraih Penghargaan Adipura 2023 untuk Kategori Kota Kecil. Penghargaan diterima langsung oleh Bupati Sukoharjo, Etik Suryani di Manggala Wana Bakti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Jakarta, Selasa (5/3/2024).

“Tahun 2023 Pemkab Sukoharjo berupaya dengan peningkatan kinerja TPA Mojorejo, Bank Sampah, TPS3R, Proklim, Kompos Satu Negeri, termasuk upaya pengelolaan sampah di pasar, permukiman, sekolah maupun perkantoran,” ungkap Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sukoharjo, Agus Suprapto.

Menurutnya, ada beberapa indikator yang menjadi penilaian dalam penghargaan Adipura tahun 2023. Salah satunya Pengelolaan Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) dengan “control landfill”, pemanfaatan gas methan ke masyarakat disekitar TPA, serta perluasan lahan TPA.

“Salah satu yang utama yaitu peran serta masyarakat dalam pengelolaan sampah melalui Bank Sampah, TPS 3R, kegiatan pengomposan dan kegiatan lainnya yang mendukung kegiatan 3R, yakni “reduce, reuse, recyle”, ruang terbuka hijau dan taman kota,” terangnya.

Agus mengaku, Penghargaan Adipura 2023 merupakan kerja sama seluruh stakeholder di Kabupaten Sukoharjo,” sambungnya.

Sementara itu, Bupati Sukoharjo, Etik Suryani mengucapkan terima kasih atas peran serta aktif masyarakat sukoharjo dalam peningkatan pengelolaan persampahan sehingga penghargaan Adipura kembali bisa diperoleh.

Menurutnya, penghargaan tersebut akan dijadikan motivasi bagi Pemkab Sukoharjo untuk terus bekerja dan bekerja sehingga apa yang ditargetkan bisa tercapai. Bupati berharap penghargaan Adipura tersebut bisa dipertahankan di tahun-tahun mendatang. (*)

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

Berita Terbaru