25.1 C
Sukoharjo
Tuesday, July 23, 2024

Bupati Buka Sosialisasi Pentingnya Parenting Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini

SUKOHARJO – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sukoharjom menggelar acara Sosialisasi dan Pembinaan Pentingnya Parenting Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini. Kegiatan tersebut dilaksanakan di GOR Kridatama, Desa Malangan, Kecamatan Bulu, Rabu (8/2/2023) dan dibuka oleh Bupati Etik Suryani.

Dalam sambutannya, Bupati memberikan apresiasi terkait kegiatan tersebut. Menurutnya, anak merupakan amanah yang dititipkan Allah SWT sehingga kita sebagai orang tua wajib menyayangi, melindungi, dan mendidik anak-anak kita dengan baik. Pendidikan karakter anak menjadi hal yang fundamental, sebagai dasar kepribadian anak dimasa depan. Oleh karena itu, orang tua harus dibekali dengan ilmu yang cukup, sehingga mampu mendidik generasi yang unggul.

“Disinilah peran orang tua sebagai suri tauladan yang baik, pembangunan pondasi agama yang kuat, dan pembentukan kepribadian mulia menjadi sangat penting dalam fase kehidupan anak usia dini,” kata Bupati.
Menjadi orang tua, lanjut Bupati, sesungguhnya merupakan proses yang dinamis, dengan situasi yang senantiasa berubah-ubah. Anak yang tumbuh pada setiap jenjang usianya, menuntut orang tua untuk senantiasa beradaptasi dengan sikap yang sesuai dengan tahap perkembangan psikologi anak.

Sejalan dengan sosialisasi dan pembinaan parenting bagi orang tua sangat dibutuhkan, karena orang tua perlu memahami bahwa anak adalah individu yang berbeda dari mereka. Anak-anak memiliki keinginan sendiri yang perlu diakomodir, selain itu agar anak memiliki kepribadian yang baik, orang tua wajib memberian keteladanan yang positif dalam kehidupan sehari-hari.

“Keteladanan dalam pendidikan merupakan metode yang berpengaruh dan terbukti berhasil dalam membentuk dan mempersiapkan aspek moral, spiritual dan etos sosial anak usia dini,” kata Bupati.

Melalui keteladanan pula, orang tua dapat mengajarkan nilai-nilai kehidupan yang mulia tanpa harus memaksa anak untuk meniru. Seperti sebuah ungkapan, “Jika kita bergaul dengan tukang parfum, maka kita akan ikut berbau harum”, ungkapan ini relevan jika dihubungkan dengan peran kita sebagai orang tua. Maka upayakan anak kita meneladani kebiasaan-kebiasaan positif kita sebagai orang tua.

Bupati berharap dengan kegiatan tersebut dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman para orang tua dalam memberikan pola asuh pendidikan anak usia dini secara optimal agar tercipta generasi penerus bangsa yang berkualitas sebelum memasuki pendidikan dasar dan mengarungi kehidupan setelah dewasa kelak. (*)

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

Berita Terbaru