27.9 C
Sukoharjo
Thursday, July 25, 2024

373 Hektar Tanaman Padi Puso Karena Kebanjiran, Bupati Serahkan Bantuan Benih Padi

Sukoharjo – Hujan deras yang melanda Sukoharjo selama musim hujan ini membuat ratusan hektar sawah terendam. Dari catatan Dinas Pertanian dan Perikanan, total ada 470 hektar lahan sawah yang kebanjiran. Ratusan hektar sawah yang terendam banjir tersebut tersebar di empat kecamatan, yakni Kecamatan Weru, Bulu, Tawangsari, dan Sukoharjo.

Bupati Sukoharjo, Hj Etik Suryani SE MM menyampaikan, fenomena La Nina yang terjadi saat ini diprediksi akan mengakibatkan anomali cuaca berupa peningkatan curah hujan. Untuk Sukoharjo sendiri telah terdampak sehingga mengakibatkan banjir di beberapa kecamatan dan menimbulkan kerugian bagi petani.

“Beberapa hal yang dapat dilakukan petani seperti pengelolaan tata air irigasi yang terintegrasi dari hulu hingga hilir, pemeliharaan dan pembersihan saluran irigasi, pemilihan varietas padi yang tahan genangan serta ikut Asuransi Usaha Tani Padi,” kata Bupati.

Terkait lahan padi yang puso karena banjir, lanjut Bupati, salah satu upaya pemerintah untuk meringankan beban petani adalah pemberian bantuan benih agar petani dapat melakukan tanam kembali. Selain bantuan benih, pemerintah juga telah menyediakan program Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) dan perbaikan akses Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Sedangkan Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Sukoharjo, Netty Harjianti mengatakan, sesuai indentifikasi yang dilakukan petugas, untuk Kecamatan Weru mencapai 100 hektar, rinciannya 65 hektar surut dan 35 hektar puso. Untuk Kecamatan Bulu 180 hektar tergenang dan semuanya puso, Kecamatan Tawangsari 66 hektar tergenang terdiri dari 32 hektar surut dan 34 hektar puso. Untuk Kecamatan Sukoharjo 124 hektar tergenang dan semuanya puso.

“Kondisi tanaman yang mengalami puso rata-rata berumur antara 20-40 hari sehingga petani mengalami kerugian sebesar Rp820,6 juta atau Rp2,2 juta per hektar,” terang Netty. (*)

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

Berita Terbaru