20.9 C
Sukoharjo
Sunday, July 14, 2024

Bupati Buka Sosialisasi Metrologi Legal kepada Pelajar

SUKOHARJO – Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, membuka acara Sosialisasi Metrologi Legal kepada pelajar. Kegiatan dilaksanakan di halaman Gedung Pusat Promosi Potensi Daerah (GP3D) dan digelar oleh Dinas Koperasi, UKM, dan Perdagangan, Kamis (4/6/2024).

“Mengawali sambutan ini, saya atas nama pribadi dan Pemkab Sukoharjo menyampaikan apresiasi dan terimakasih atas terselenggarakannya acara ini,” ujar Bupati.

Dikatakan Bupati, istilah “Metrologi” mungkin masih terdengar asing di telinga masyarakat. Bukan ilmu tentang cuaca, melainkan ilmu tentang ukur mengukur secara luas. Pengetahuan tentang metrologi sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari. Pengukuran yang akurat sangatlah penting, baik itu dalam pembelian barang, pengukuran bahan bakar minyak (BBM), maupun dalam berbagai aspek kehidupan lainnya. Melalui penggunaan alat ukur yang akurat akan tercipta transaksi yang adil dan tidak ada pihak yang dirugikan.

Untuk memberikan perlindungan konsumen dalam hal jaminan kebenaran hasil pengukuran alat ukur yang digunakan untuk transaksi perdagangan, Pemkab Sukoharjo telah melaksanakan kegiatan metrologi legal tera ulang secara rutin di Pasar Tradisional, SPBU, Swalayan atau Pusat Perbelanjaan Modern.

“Kabupaten Sukoharjo telah memperoleh predikat Pasar Tertib Ukur sebanyak 18 pasar. Untuk itu saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas capaian ini. Semoga hal ini dapat ditingkatkan sehingga dapat terwujud Sukoharjo menjadi “Daerah Tertib Ukur”,” ujarnya.

Bupati berharap para pelajar dapat memahami pentingnya metrologi legal dan menerapkan ilmu yang didapatkan dalam kehidupan sehari-hari. “Ikutilah kegiatan sosialisasi ini dengan baik, jadikan kesempatan ini untuk menambah pengetahuan sebagai bekal untuk masa depan kalian semua,” pesannya. (*)

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

Berita Terbaru