21.8 C
Sukoharjo
Thursday, July 25, 2024

IPM Sukoharjo Tahun 2022 Tertinggi se Provinsi Jawa Tengah Tingkat Kabupaten

SUKOHARJO – Kinerja positif ditunjukkan Pemkab Sukoharjo pada tahun 2022 lalu. Hal itu berdasarkan pada Indeks Pembangunan Manusia (IPM) sebesar 77,94 yang merupakan nilai tertinggi se Provinsi Jawa Tengah untuk tingkat kabupaten. Sedangkan untuk angka kemiskinan Sukoharjo tahun 2022 sebesar 7,61% dan kemiskinan ektrem 0,36% yang merupakan terendah kedua di Jawa Tengah.

Pernyataan itu itu disampaikan oleh Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, saat membuka Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Sukoharjo Tahun 2024 yang digelar oleh Badan Perencanaan Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerah (Bapperida) di Gedung Menara Wijaya Lantai 10, Selasa (24/1/2023).

“Untuk tingkat pengangguran terbuka Kabupaten Sukoharjo tahun 2022 sebesar 2,67% yang merupakan terendah ketiga se-Jawa Tengah. Disisi lain, tren pertumbuhan ekonomi cenderung menunjukkan angka yang menggembirakan,” terang Bupati.

“Capaian tersebut janganlah membuat kita terlena karena masih banyak pekerjaan rumah yang harus dikerjakan,” sambungnya.

Menurut Bupati, dari aspek sosial mengenai persoalan kemiskinan, khususnya kemiskinan ektrem menjadi persoalan yang harus segera diselesaikan. Disisi lain, persoalan stunting perlu mendapatkan perhatian lebih. Konvergensi dan sinergitas dalam penanganannya harus dijalankan dengan baik, agar target nasional sebesar 14% tahun 2024 dapat diwujudkan.

Terkait Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD), dikatakan Bupati merupakan dokumen perencanaan pemerintah daerah untuk periode satu tahun. Sebagai suatu dokumen resmi rencana daerah, RKPD mempunyai kedudukan strategis, yakni menjembatani antara perencanaan strategis jangka menengah dengan perencanaan dan penganggaran tahunan.

Secara normatif RKPD tahun 2024 merupakan pelaksanaan tahun ketiga dari RPJMD tahun 2021-2026, namun secara faktual merupakan pelaksanaan tahun terakhir, karena setelah Pelaksanaan Pilkada tahun 2024 akan disusun RPJMD baru sesuai dengan visi misi kepala daerah terpilih.

Oleh karena itu, penyusunan RKPD 2024 mempunyai nilai strategis, pemerintah daerah dituntut untuk bisa lebih mengakselerasi proses pembangunan yang ada, agar visi misi yang ada bisa diwujudkan. Untuk mendukung hal tersebut, partisipasi masyarakat sangat dibutuhkan. Forum Konsultasi Publik merupakan salah satu pintu masuk yang diharapkan bisa mewadahi/menampung aspirasi masyarakat agar kualitas pembangunan daerah nantinya menjadi lebih kuat dan bermartabat.

Sedangkan Kepala Bapperida Sukoharjo, Rudiyanto, menyampaikan bahwa Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Sukoharjo 2024 bertema “Penguatan Kesejahteraan dan Perekonomian Masyarakat Didukung Penguatan Daya Saing Ekonomi Daerah”.

“Forum Konsultasi Publik ini merupakan bagian dari tahapan dan proses dalam rangka penyusunan kebijakan pembangunan tahunan Sukoharjo untuk tahun 2024. Diharapkan ada sinergitas antara kebijakan pembangunan daerah dengan kebijakan pembangunan regional dan nasional,” katanya (*)

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

Berita Terbaru