26.5 C
Sukoharjo
Sunday, July 21, 2024

Bupati Serahkan Bantuan dan Santunan dari Baznas untuk Petugas Kebersihan

SUKOHARJO – Bupati Sukoharjo, Etik Suryani secara simbolis menyerahkan bantuan dan santunan dari Baznas untuk petugas kebersihan di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) sampah Mojorejo, Kecamatan Bendosari, Rabu (26/6/2024). Pemberian bantuan dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024.

Dalam kesempatan itu Bupati mengatakan, tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2024, yang diusung oleh Indonesia adalah ”Penyelesaian Krisis Iklim dengan Inovasi dan Prinsip Keadilan”. Tema ini menjadi pengingat sekaligus ajakan bahwa penyelesaian akar masalah krisis iklim harus diselesaikan dengan inovasi yang dilaksanakan secara konsisten oleh seluruh pemangku kepentingan, sekaligus harus mengedepankan prinsip keadilan dan inklusvitas.

“Prinsip keadilan menekankan manfaat dari pemulihan lahan harus dirasakan oleh semua lapisan masyarakat, terutama yang paling rentan terhadap dampak perubahan iklim,” kata Bupati.

Menurutnya, pendekatan tersebut mencakup melibatkan komunitas lokal dalam proses pengambilan keputusan, memastikan akses yang adil terhadap sumber daya alam, dan mengakui serta menghargai pengetahuan tradisional dalam praktik pemulihan lahan. Dengan demikian, upaya pemulihan lahan tidak hanya berkontribusi pada solusi iklim yang inovatif tetapi juga mempromosikan keadilan sosial dan lingkungan.

“Terimakasih sebesar-besarnya kepada berbagai pihak yang telah berperan dan melakukan upaya pelestarian lingkungan di Kabupaten Sukoharjo,” ujarnya.

Bupati juga mengatakan, peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2024 ini menjadi momen penting untuk terus menumbuhkan, meningkatkan kesadaran dan kepedulian secara konsisten dalam upaya memperbaiki lingkungan secara berkelanjutan.

Tak lupa, Bupati juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Baznas, khususnya kepada muzaki atau pembayar zakat, infaq dan shodaqoh sehingga bantuan dan santunan untuk petugas kebersihan bisa diberikan. Kepada seluruh penerima bantuan, Bupati berharap agar bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sukoharjo, Agus Suprapto, mengatakan, penyaluran bantuan beras dan santunan diberikan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024. Pentasyarufan zakat tersebut berasal dari Baznas Sukoharjo.

“Petugas penyapu jalan, pengangkut sampah, petugas taman adalah pahlawan kebersihan di Kabupaten Sukoharjo. Total ada 300 penerima bantuan dan santunan. Masing-masing mendapat beras 10 kilogram dan santunan Rp100 ribu,” katanya. (*)

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

Berita Terbaru