25.1 C
Sukoharjo
Tuesday, July 23, 2024

Calon Kades Ikrar Damai untuk Pilkades Sukoharjo yang “Bermartabat”

SUKOHARJO – Pemkab Sukoharjo dalam hal ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) menggelar Deklarasi Pilkdes Damai di Pendopo Graha Satya Praja (GSP), Jumat (25/11/2022). Dala, acara tersebut, semua calon kepala desa (cakades) dari 13 desa yang akan menggelar pilkades serentak pada 8 Desember mendatang.

Acara tersebut dihadiri langsung Bupati Sukoharjo, Etik Suryani dan pejabat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Dalam kesempatan tersebut Bupati mengatakan jika pilkades merupakan penyelenggaraan demokrasi yang sudah berjalan berpuluh tahun yang lalu sebagai warisan leluhur. Selain itu, pilkades merupakan salah satu bentuk pesta demokrasi yang begitu merakyat. Pemilu tingkat desa ini merupakan ajang kompetisi politik yang begitu mengena yang dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran politik bagi masyarakat.

“Dalam pelaksanaannya pilkades terasa lebih spesifik dari pada pemilu-pemilu di atasnya. Yaitu adanya kedekatan dan keterkaitan secara langsung antara pemilih dan para calon. Sehingga, suhu politik di lokasi sering kali lebih terasa dari pada saat pemilu pemilu yang lain. Pengenalan atau sosialisasi terhadap calon-calon pemimpin bukan lagi mutlak harus lagi penting,” terangnya.

Bupati juga mengatakan, para bakal calon biasanya sudah banyak dikenal oleh setiap anggota masyarakat yang akan memilih. Namun demikian sosialisasi program atau visi misi sering kali tidak dijadikan sebagai media kampanye atau pendidikan politik yang baik. Kedekatan pribadi, akan sering kali banyak dipakai oleh masyarakat untuk menentukan pilihannya.

Tahun ini, di Kabupaten Sukoharjo ada 13 desa di delapan kecamatan yang melaksanakan pilkades serentak, yaitu:
1. Desa Karangtengah Kecamatan Weru, 3 calon,
2. Desa Tiyaran Kecamatan Bulu, 2 calon,
3. Desa Tanjung Kecamatan Nguter, 2 calon,
4. Desa Manisharjo Kecamatan Bendosari, 5 calon,
5. Desa Puhgogor Kecamatan Bendosari, 2 calon,
6. Desa Bulu Kecamatan Polokarto, 2 calon,
7. Desa Kayuapak Kecamatan Polokarto, 3 calon,
8. Desa Jatisobo Kecamatan Polokarto, 2 calon,
9. Desa Plumbon Kecamatan Mojolaban, 3 calon,
10.Desa Kadilangu Kecamatan Baki, 2 calon,
11.Desa Ngemplak Kecamatan Kartasura, 3 calon,
12.Desa Pabelan Kecamatan Kartasura, 5 calon,
13.Desa Gumpang Kecamatan Kartasura, 2 calon.

“Jumlah seluruh calon Kepala Desa ada 36 orang, terdiri dari 34 calon laki-laki dan 2 calon perempuan.
Pada Pilkades Serentak Kabupaten Sukoharjo Tahun 2022 ini, kita mengusung tagline Pilkades Sukoharjo “Bermartabat”, yang artinya “Bersih, Aman dan Damai, Jujur, Transparan, dan Amanat”,” ujar Bupati.

Usai ikrar, kemudian dilakukan penandatanganan Deklarasi Pilkades Damai oleh Bupati, Forkopimda, dan seluruh cakades. (*)

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

Berita Terbaru