21.8 C
Sukoharjo
Thursday, July 25, 2024

Kartu PIP Jenjang SD Sukoharjo Sebanyak 29.694 Siswa, Dibagikan Secara Bertahap

SUKOHARJO – Kabupaten Sukoharjo mendapatkan kuota Program Indonesia Pintar (PIP) untuk tahun 2023 sebanyak 29.694 siswa. Jumlah itu naik dibandingkan tahun 2022 sebanyak 27.960 siswa. Kartu PIP untuk siswa dari keluarga kurang mampu tersebut mulai didistribusikan dan diawali untuk Kecamatan Sukoharjo, Bendosari, dan Nguter di Gedung PGRI, Kamis (2/2/2023). Kartu PIP 2023 secara simbolis diserahkan oleh Bupati Etik Suryani

“PIP adalah salah satu program yang dirancang untuk membantu anak-anak usia sekolah dari keluarga miskin/rentan miskin prioritas tetap mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat pendidikan menengah,” ujar Bupati.

Siswa yang mendapat PIP terdiri dari jalur pendidikan formal (mulai SD/MI hingga anak Lulus SMA/SMK/MA) maupun pendidikan non formal (paket A hingga Paket C serta kursus terstandar). Melalui program tersebut pemerintah berupaya mencegah peserta didik dari kemungkinan putus sekolah, dan diharapkan dapat menarik siswa putus sekolah agar kembali melanjutkan pendidikannya.

Bupati melanjutkan, PIP juga diharapkan dapat meringankan biaya personal pendidikan bagi peserta didik, baik biaya langsung maupun tidak langsung. Bantuan dana dari pemerintah ini dapat digunakan untuk membantu biaya pribadi peserta didik, seperti membeli perlengkapan sekolah, uang saku, dan biaya transportasi.

“Pesan saya, manfaatkan bantuan ini dengan sebaik-baiknya untuk keperluan pendidikan. Jangan untuk beli pulsa, tapi untuk kebutuhan pendidikan,” pesan Bupati.

Sedangkan Plt Kepala Disdikbud Sukoharjo, Heru Indarjo, menyampaikan jika jumlah penerima PIP SD tahun ini untuk Sukoharjo mengalami peningkatan. Jika pada tahun 2022 Sukoharjo menerima kuota 27.960 siswa, pada tahun ini Sukoharjo menerima 29.694 siswa.

“Peningkatan jumlah penerima ini salah satunya dikarenakan kuota PIP jalur aspirasi DPR mengalami kenaikan,” ujar Heru.

Heru mengatakan, PIP jenjang SD akan diberikan bertahap dalam beberapa kali pertemuan. Setiap anak akan menerima bantuan pendidikan senilai Rp450 ribu yang cair langsung ke rekening siswa.

“Setelah di Sukoharjo, nantinya akan bergiliran di kecamatan lain dimana beberapa kecamatan akan digabung untuk penyerahannya,” kata Heru.

Dalam kesempatan tersebut juga dibagikan doorprize sepeda untuk warga yang hadir. Undian doorprize diambil oleh Bupati Sukoharjo dan Ketua DPRD. (*)

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

Berita Terbaru