26.5 C
Sukoharjo
Sunday, July 21, 2024

Potensi Desa Wisata Digelar di Alun-alun, Agar Dikenal Luas oleh Masyarakat

SUKOHARJO – Sebanyak 19 Desa Wisata diboyong ke Alun-alun Satya Negara Sukoharjo untuk dipamerkan. Potensi desa wisata tersebut dipamerkan di alun-alun dalam upaya mengenalkan potensi desa wisata ke masyarakat. Gelar Potensi Desa Wisata tersebut dilakukan pada Minggu (9/7/2023) dan dihadiri oleh Bupati Sukoharjo, Etik Suryani.

Bupati berharap Pengelola Desa wisata mampu memberdayakan seluruh potensi yang dimiliki desa wisata. Utamanya dalam menciptakan produk yang bernilai ekonomi tinggi, bersifat unik dengan menggali dan mengembangkan potensi desa atau wilayah sekitarnya yang memiliki keunggulan komparatif dan keunggulan kompetitif berbasis kearifan lokal dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

“Saya berharap ke depan keberadaan Desa-Desa Wisata tersebut semakin banyak dan bermafaat bagi warga yang ada di sekitarnya,” kata Bupati.

Dikatakan Bupati, pengembangan pariwisata yang berbasis pada kemampuan masyarakat desa setempat merupakan bentuk pemberdayaan masyarakat. Salah satunya melalui pengembangan desa wisata seperti yang dilaksanakan saat ini, dengan menampilkan sebanyak 19 Desa Wisata yang ada di Kabupaten Sukoharjo.

Tujuan dibentuknya Desa Wisata tentu sangatlah penting terutama di bidang pariwisata, karena dengan terbentuknya Desa Wisata tersebut, dapat memudahkan pemerintah desa dalam mengembangkan Desa sehingga diharapkan Pengelola Desa wisata mampu memberdayakan seluruh potensi yang dimiliki desa wisata dalam menciptakan produk yang bernilai ekonomi tinggi.

Sedangkan Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Sukoharjo, Setyo Aji Nurgoho, menyampaikan bahwa Gelar Desa Wisata dilaksanakan selama dua hari. Saat ini sudah ada 19 Desa Wisata di Sukoharjo dimana acara ini bertujuan untuk lebih mengenalkan potensi ini pada publik. Sehingga tingkat kunjungan ke desa wisata tersebut meningkat,” ujar

Aji juga mengatakan, pengembangan Desa Wisata yang baik akan berdampak pada ekonomi kerakyatan yang ada di desa tersebut. Karena itu pihaknya menodorng agar pengelola desa-desa wisata tersebut semakin kreatif. (*)

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

Berita Terbaru