31.3 C
Sukoharjo
Tuesday, July 23, 2024

Sebanyak 1.700 Ahli Waris Gakin yang Meninggal Terima Santunan

SUKOHARJO – Sebanyak 1.700 ahli waris warga miskin (gakin) yang meninggal dunia menerima santunan kematian dari Pemkab Sukoharjo. Ahli waris gakin yang meninggal dari 12 kecamatan tersebut menerima santunan sebesar Rp3 juta dengan total dana yang disalurkan mencapai Rp5,1 miliar. Penyaluran dilakukan oleh Bupati Etik Suryani dan Wakil Bupati Agus Santosa di Graha PGRI, Rabu (24/5/2023).

Dalam kesempatan itu Bupati mengatakan bahwa sejarah santunan kematian yang diberikan pada ahli waris gakin ini cukup panjang. Yakni berawal dari kebijakan Bupati Wardoyo Wijaya. Saat itu, bupati Wardoyo Wijaya melihat banyak sekali warga tidak mampu pada saat sedang tertimpa musibah, masih harus dibebani dengan pengeluaran uang yang tidak sedikit.

“Santunan ini dulu adalah kebijakan dari bupati sepuh bapak Wardoyo Wijaya. Dan program yang baik ini kami teruska di era saya bersama mas Agus (Wakil Bupati) hingga saat ini,” jelas Bupati.

Bupati berharap, bantuan atau santunan dari pemerintah tersebut bisa meringankan beban keluarga yang sedang tertimap musibah atau bisa juga digunakan untuk modal usaha.

“Yang jelas tujuan pemerintah baik yakni untuk membantu rakyat. Jadi pesan saya gunakan yang sebaik-baiknya. Kalau memang kebutuhan pada saat pemakaman sudah selesai, dananya bisa untuk memulai usaha kecil-kecilan,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut bupati juga menegaskan, bahwa dana yang diterima senilai Rp3 juta diterima utuh tanpa potongan.

Sedangkan Kepala Dinas Sosial Sukoharjo, Suparmin mengatakan, ahli waris gakin yang menerima santunan ini merupakan gakin yang meninggal periode Oktober 2022 hingga Februari 2023.

1.700 penerima tersebut, lanjutnya, tersebar di seluruh kecamatan yang ada di Sukoharjo atau dari 12 kecamatan. Rinciannya dari Kecamatan Baki 86 orang penerima, Bendosari 105 penerima, Bulu 94 penerima, Gatak 113 penerima, Grogol 198 penerima, Kecamatan Kartasura 100 penerima, Mojolaban 179 penerima, Nguter 179 penerima, Polokarto 204 penerima, Sukoharjo 118 penerima, Tawangsari 156 penerima, dan Kecamatan Weru 168 penerima. (*)

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

Berita Terbaru