25.6 C
Sukoharjo
Tuesday, July 16, 2024

Sukoharjo Peringati BBGRM dan Hari Kesatuan Gerak PKK 2023

SUKOHARJO – Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) dan Hari Kesatuan Gerak PKK Tahun 2023 Sukoharjo diperingati di Lapangan Desa Lengking, Kecamatan Bulu, Rabu (24/5/2023). Acara dibuka oleh Bupati Sukoharjo, Etik Suryani yang juga dihadiri Wakil Bupati, Agus Santosa. Terlihat hadir Ketua DPRD, Wawan Prubadi.

Dalam sambutannya Bupati mengatakan bahwa pandemi corona merubah semua sendi-sendi kehidupan, baik di bidang ekonomi, bidang kemasyarakatan, bidang sosial budaya, dan agama serta lingkungan. Namun, semangat gotong royong masih perlu digelorakan dengan berbagai penyesuaian situasi kondisi yang ada. Untuk itu gotong royong harus diaktualisasi dan dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari. Gotong royong harus kita wujudkan dalam sebuah tindakan yang nyata.

Menurutnya, Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) merupakan upaya untuk menumbuh kembangkan semangat gotong royong dan peran aktif masyarakat dalam pembangunan. “Gotong royong merupakan modal sosial yang tumbuh dan berkembang di masyarakat, menggambarkan adanya proses bekerja bersama-sama saling berbagi peran dan tugas secara bersama sebagai bagian dari pemberdayaan diri secara kolektif,” ujar Bupati.

Gotong royong yang bertujuan untuk meningkatkan partisipasi, rasa memiliki dan rasa tanggung jawab masyarakat dalam pembangunan melalui pelibatan lembaga kemasyarakatan harus tetap dilestarikan. Upaya pelestarian ini dimaksudkan agar dapat meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat berdasarkan semangat kebersamaan, kekeluargaan dan kegotong-royongan menuju keluarga sehat sejahtera, guna mencapai masyarakat yang adil dan makmur.

“Untuk itu mari kita jadikan gotong royong masyarakat dan pemberdayaan kesejahteraan keluarga sebagai momentum kebersamaan, kepedulian serta komitmen bersama dalam menuju masyarakat yang sejahtera”

Bupati juga berharap, Peringatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat ini dapat menjaga dan melestarikan budaya bangsa seperti meningkatkan semangat kebersamaan, kekeluargaan, kegotongroyongan dan swadaya masyarakat dalam pembangunan, sebagai dasar dalam mempersiapkan sumberdaya manusia yang tangguh, serta meningkatkan rasa memiliki dan rasa tanggung jawab terhadap hasil-hasil pembangunan.

“Keberhasilan pembangunan di Kabupaten Sukoharjo tentu saja tidak bisa lepas dari peran serta dan dukungan masyarakat dalam menumbuhkan kebersamaan dan kegotongroyongan, untuk itu kami mengucapkan terimakasih atas dukungan selama ini dari seluruh elemen masyarakat, sehingga pelaksanaan pembangunan di Sukoharjo bisa berjalan secara sinergi dan kondusif,” tambah Bupati.(*)

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

Berita Terbaru