22.5 C
Sukoharjo
Monday, July 15, 2024

Dongkrak Angka Konsumsi Ikan, Pemkab Bantu Ratusan Ribu Benih Ikan

SUKOHARJO – Pemkab Sukoharjo melalui Dinas Pertanian dan Perikanan terus melakukan sosialisasi untuk gerakan makan ikan bagi masyarakat. Hal itu dalam upaya mendongkrak angka konsumsi ikan di Kabupaten Sukoharjo. Seperti yang dilakukan di Desa Mulur, Kecamatan Bendosari saat acara “Sosialisasi Stop Destructive Fishing dan Penyerahan Bantuan” oleh Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, Senin (5/6/2023).

Bupati menyampaikan, kegiatan perikanan merupakan salah satu subsektor yang menjadi perhatian Pemkab Sukoharjo. Sektor perikanan mempunyai peranan yang sangat penting dalam membangun perekonomian nasional termasuk perekonomian daerah, karena sektor perikanan berfungsi sebagai penyedia bahan pangan untuk konsumsi masyarakat, ikan hias, rekreasi, pemancingan, penyedia lapangan kerja, serta sumber pendapatan masyarakat.

“Usaha Perikanan sangat penting dalam pemenuhan gizi terutama protein hewani asal ikan serta mendukung perekonomian masyarakat,” ujarnya.

Menurutnya, potensi perikanan di Sukoharjo meliputi kegiatan budidaya ikan, penangkapan ikan, pengolahan dan pemasaran hasil perikanan dengan jumlah pelaku usaha perikanan sebanyak 2.624 (dua ribu enam ratus dua puluh empat) Ruamh Tangga Perikanan (RTP). Adapun komoditas perikanan yang telah berkembang di Kabupaten Sukoharjo adalah lele, nila, gurame dan patin dengan total produksi ikan sebesar 14.609,14 ton. Luas wilayah untuk pembudidayaan ikan di Kabupaten Sukoharjo sebesar 1.002 Ha, dimana lebih dari 90% berupa perairan umum (waduk, embung, sungai dan genangan air lainnya).

“Pemkab Sukoharjo terus mendorong peningkatan Angka Konsumsi Ikan dari tahun ke tahun. Angka Konsumsi Ikan pada tahun 2021 sebesar 22,55 kg/kapita/tahun, meningkat 2,26% di tahun 2022 menjadi 23,06 kg/kapita/tahun. Angka ini masih lebih rendah dari pencapaian Jawa Tengah sebesar 37,22 kg/kapita/tahun dan Nasional sebesar 56,48 kg/kapita/tahun,” papar Bupati.

Untuk itu, lanjut Bupati, perlu adanya upaya-upaya melalui peningkatan produksi ikan dan peningkatan animo masyarakat dalam mengkonsumsi ikan di Kabupaten Sukoharjo. Berbagai kebijakan telah dilakukan dalam rangka untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi serta peningkatan kesejahteraan pelaku usaha perikanan di Sukoharjo seperti pemberian bantuan benih ikan.

Sesuai data, bantuan benih ikan yang diberikan mencapai 105.000 benih dan akan ditebarkan di perairan umum seperti waduk maupun usaha masyarakat seperti karamba dan kelompok masyarakat lainnya. Selain benih ikan, juga disampaikan bantuan sarana prasarana untuk kelompok tani. (*)

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

Berita Terbaru