21.8 C
Sukoharjo
Thursday, July 25, 2024

Hadiri Grebeg Penjalin Desa Trangsan, Bupati Anyam Rotan Bareng Siswa SD

SUKOHARJO – Bupati Sukoharjo, Etik Suryani menghadiri acara Grebeg Penjalin di Desa Trangsan, Kecamatan Gatak, Kamis (27/6/2024). Agenda tersebut menjadi daya tarik masyarakat yang ingin memperebutkan lima gunungan produk rotan yang dikirab. terlihat hadir, Wakil Ketua DPRD, Eko Sapto Purnomo dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Sukoharjo.

Dalam kesempatan itu Bupati Etik Suryani mengatakan, Grebeg Penjalin merupakan rangkaian kegiatan selama delapan hari sebagai wujud syukur kepada Tuhan atas karunianya sehingga Desa Trangsan menjadi sentra industri mebel rotan dan perwujudan persatuan dan kesatuan para pedagang dan pengurus Pengrajin rotan.

“Grebeg Penjalin seperti ini harus kita dukung bersama, karena kegiatan ini memiliki arti yang luar biasa, selain sebagai sarana untuk menampilkan dan memperkenalkan hasil kerajinan rotan,” kata Bupati.

Bupati berharap agar kegiatan dapat menjadi agenda rutin tahunan dan dapat dipertahankan dan ditingkatkan dimasa-masa yang akan datang. Dengan begitu, kegiatan mampu dimanfaatkan dan dikembangkan sebagai sebuah potensi wisata daerah, yang mampu mendorong pertumbuhan, kemajuan serta nama baik Desa Trangsan.

Menurutnya, rangkaian acara juga digelar pameran produk rotan dan bazar UMKM yang diharapkan dapat meningkatkan perekonomian bagi UMKM yang ada di Kecamatan Gatak terutama bagi perajin rotan di Desa Trangsan dan sekitarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati menyempatkan diri mengayam rotan bersama siswa SD. Selain itu, Bupati juga melihat-lihat produk rotan yang dipamerkan.

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Gatak, Mujiman mengatakan, Grebeg Penjalin yang ke 7 2024 ini merupakan bentuk syukur warga Desa Trangsan yang terampil cekatan dan cerdas sehingga bisa mengolah rotan.

“Grebeg Penjalin Desa Trangsan ini bertujuan untuk mengangkat pasar ekspor maupun pasar lokal sehingga bisa meningkatkan perekonomian yang ada di Desa Trangsan,” ujarnya. (*)

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

Berita Terbaru