21.2 C
Sukoharjo
Friday, July 19, 2024

Peringatan Hari Gizi Nasional 2023, Bupati Sukoharjo Targetkan Angka Stunting 14% Hingga 2024

SUKOHARJO – Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sukoharjo menggelar Peringatan Hari Gizi Nasional tahun 2023 di Pendopo Graha Satya Praja (GSP), Rabu (25/1/2023). Dalam kesempatan tersebut, Bupati Sukoharjo, Etik Suryani menyatakan komitmennya untuk menurunkan angka stunting di Kabupaten Sukoharjo. Sesuai target pemerintah, angka stunting 14% di tahun 2024.

Bupati Etik Suryani menyampaikan, berdasarkan Studi Status Gizi Indonesia (SSGI) Tahun 2021, diketahui di Kabupaten Sukoharjo terdapat 5,9% balita wasting dan 20% balita stunting.

“Pemerintah menetapkan target prevalensi pada Tahun 2024 di Indonesia, masalah gizi harus turun menjadi 7% untuk balita wasting dan 14% untuk balita stunting. Inilah yang menjadi target semua daerah termasuk Sukoharjo,” tandas Bupati.

Bupati melanjutkan, dalam upaya mencegah kasus stunting, Pemkab Sukoharjo dan UNICEF melakukan deteksi dini pada kasus gizi kurang dan gizi buruk atau dikenal dengan wasting pada balita dengan membekali tenaga kesehatan, kader posyandu serta pengasuh balita usia 6-59 bulan di 12 Kecamatan se Kabupaten Sukoharjo, dengan permodelan LiLA Keluarga yang launching pada bulan Juli Tahun 2022.

Menurutnya, dengan momentum Hari Gizi Nasional ini diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa betapa pentingnya makanan bergizi dan mengandung protein hewani. Selain itu, melalui kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kepedulian masyarakat akan pentingnya pemenuhan gizi seimbang dalam upaya penurunan angka stunting di Kabupaten Sukoharjo.

Sementara itu, Kepala DKK Sukoharjo, Tri Tuti Rahayu, mengatakan jika Peringatan Hari Gizi Nasional tahun 2023 mengambil tema “Isi Piringku Kini Kaya Protein Hewani Cegah Stunting”. Tuti mengajak masyarakat bersama-sama Pemkab Sukoharjo untuk menjadikan Hari Gizi Nasional ini momentum dan motivasi serta pembangkit semangat, dalam mewujudkan langkah strategis memperbaiki status gizi masyarakat dengan menurunkan stunting.

“Dalam rangka memperingati Hari Gizi Nasional Tahun 2023 ini, DKK telah menyelenggarakan beberapa lomba seperti Lomba Cerdas Cermat, lompa Penyiapan MP-ASI Berbasis Pangan Lokal Sukoharjo, Lomba Puskesmas Teraktif dan Lomba Video Edukasi LiLA Keluarga,” ujarnya. (*)

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

Berita Terbaru