22.8 C
Sukoharjo
Friday, July 19, 2024

Seminar Kewirausahaan, Bupati: Teknologi Informasi Berperan Penting dalam Pertumbuhan Wirausaha

SUKOHARJO – Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Sukoharjo menggelar Seminar Kewirausahaan dengan tema “Penguatan Kreativitas dan Kompetensi Enterpreneurship Pemuda menuju Sukoharjo yang Lebih Makmur” di Graha PGRI, Selasa (21/2/2023). Seminar tersebut dibuka oleh Bupati Etik Suryani. Terlihat hadir Wakil Bupati, Agus Santosa dan pejabat Pemkab Sukoharjo lainnya.

Bupati mengatakan, era revolusi industri 4.0 menjadi tantangan tersendiri bagi berbagai sektor, demikian pula pada sektor ekonomi dan perdagangan, yang sudah tentu harus memanfaatkan keberadaan teknologi sebagai pengembangan bisnis. Situasi pandemi corona pun memaksa masyarajat untuk lebih akrab dengan teknologi informasi dan komunikasi.

“Generasi muda harus bisa menggunakan teknologi dengan arif dan bijaksana, sehingga dapat memanfaatkan untuk hal-hal yang mendatangkan keuntungan dan bernilai positif. Kemampuan beradaptasi untuk menghadapi perubahan yang serba terjadi dalam waktu yang cepat, mutlak harus menjadi perhatian utama para wirausahaan,” papar Bupati.

Menurutnya, pertumbuhan wirausahawan-wirausahawan muda sekarang ini tidak terlepas dari percepatan penguasaan teknologi informasi dalam dunia usaha yang sebagian besar dikuasai oleh anak-anak muda. Fenomena ini muncul sebagai upaya menghadapi era persaingan yang ketat dalam menggapai lapangan pekerjaan. Ketersediaan lapangan pekerjaan tidak seimbang dengan populasi penduduk usia produktif (angkatan kerja).

Oleh karena itu, lanjutnya, menjadi hal yang tepat jika generasi muda sejak dini ditanamkan dan dibekali dengan kemandirian, keberanian untuk merubah mindset dari sekedar pencari kerja menjadi pelaku usaha.

Pendidikan tentang kewirausahaan sangat penting dan menarik untuk dibahas. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan bekal kepada para peserta agar dapat lebih menyelami dunia kewirausahaan (entrepreneurship).
Salah satu tujuan diadakannya kegiatan seminar kewirausahaan semacam ini adalah dalam rangka menyongsong Indonesia Emas, salah satunya dengan meningkatkan jumlah pengusaha.

“Di Kabupaten Sukoharjo ada banyak sekali sentra-sentra industri seperti: Mebel Rotan, Mebel Kayu, Shuttlecock, Gitar, Gamelan, Handycraft, Jamu, Tatah Sungging, Batik, Jenang Krasikan, Konveksi, kerajinan dan masih banyak lagi yang bisa didatangi dan dijadikan tempat untuk belajar berwirausaha,” ujarnya.

Diharapkan para generasi muda bisa lebih kreatif dalam menangkap peluang yang ada, dan selalu meningkatkan kompetensi/kemampuannya melalui kegiatan seminar atau pelatihan usaha semacam ini, baik yang dilakukan secara offline (luring) maupun secara online (daring).

“Saya berharap semoga dengan kegiatan ini dapat membuka pikiran, memperluas wawasan dan menumbuhkan keyakinan serta keberanian para generasi muda untuk memulai langkahnya menjadi seorang entrepreneur,” harap Bupati. (*)

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

Berita Terbaru