25.1 C
Sukoharjo
Tuesday, July 23, 2024

Sukoharjo Salurkan Cadangan Beras Pemerintah Tahap II Untuk 68.678 KPM

SUKOHARJO – Pemkab Sukoharkjo mulai menyalurkan penyaluran bantuan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) tahap II. Penyaluran bantuan beras dibuka secara langsung oleh Bupati Sukoharjo Etik Suryani di Lobi Kantor Bupati, Senin (11/9).

Dalam kesempatan tersebut, Bupati juga melepas sebanyak empat truk pengangkut beras bantuan dari halaman Setda Pemkab Sukoharjo menuju ke wilayah sasaran penerima. Penyaluran akan digelar selama enam hari kedepan, 11-16 September 2023.

“Pangan merupakan komoditas penting dan strategis bagi Bangsa Indonesia, mengingat pangan adalah kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi oleh Pemerintah dan Masyarakat secara bersama-sama,” ujar Bupati.

Menurutnya, permasalahan gejolak harga pangan hingga saat ini masih menjadi salah satu permasalahan yang dihadapi pemerintah dalam upaya mewujudkan ketahanan pangan dan pengendalian inflasi. Harga pangan yang berfluktuasi akan mempengaruhi masyarakat luas selaku konsumen akhir. Oleh karena itu, Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) menjadi salah satu prioritas yang harus diwujudkan.

Selama ini, berbagai upaya dan kebijakan telah dilakukan oleh Pemerintah, baik bersifat jangka pendek maupun jangka panjang mengacu pada permasalahan utama yang terjadi selama ini yaitu tingginya disparitas harga antara produsen dan konsumen yang mengakibatkan keuntungan tidak proporsional antara pelaku usaha.

Dalam rangka menjamin ketersediaan bahan pokok dan menjaga stabilisasi harga pangan pokok berbagai upaya terus digencarkan, antara lain dengan penyaluran beras bantuan pangan pemerintah, termasuk yang dilaksanakan di Kabupaten Sukoharjo kepada penerima manfaat yang dilakukan dengan bertahap, yaitu, Pada tahap I yang diberikan kepada 71.913 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), sebanyak 10 kilogram setiap keluarga, yang sudah dilaksanakan pada bulan Mei, Juni dan Juli.

Untuk tahap II yang diberikan kepada 68.678 Keluarga Penerima Manfaat, sebanyak 10 kilogram setiap keluarga, yang akan diberikan pada bulan September, Oktober dan Nopember.

“Saya harap bantuan pangan berupa penyaluran cadangan beras pemerintah tersebut akan membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari. Selain itu, bantuan pangan ini juga diharapkan dapat membantu mengendalikan harga beras di pasaran,” kata Bupati.

Sementara itu, Wakil Pimpinan Cabang Bulog Surakarta, Andrew Ramadhan Shahab mengatakan, Kabupaten Sukoharjo melaksanakan launching penyaluran cadangan beras pemerintah untuk bantuan pangan tahun 2023. Setelah ini, Bulog Surakarta juga akan melaksanakan penyaluran cadangan beras pemerintah ke daerah lain di wilayah Solo Raya.

“Alokasi penerima bantuan cadangan beras pemerintah di masing-masing daerah di wilayah Solo Raya berbeda. Untuk Kabupaten Sukoharjo sekarang disalurkan kepada 68.678 KPM,” ujarnya. (*)

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

Berita Terbaru