25.6 C
Sukoharjo
Tuesday, July 16, 2024

Dibuka Bupati, Kecamatan Sukoharjo Gelar Bazar Produk Tani di Taman Pakujoyo

SUKOHARJO – Kecamatan Sukoharjo menyelenggarakan Bazar Produk Tani di Taman Pakujoyo. Bazar produk tani tersebut digelar selama tiga hari, 10-12 Desember 2021. Bazar produk tani tersebut dibuka Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, yang juga dihadiri Ketua DPRD, Wawan Pribadi, Jumat (10/12/2021). Untuk menarik masyarakat datang dan membeli produk, penyelenggara menyediakan banyak hadiah yang akan diundi diakhir bazar.

“Dalam masa pandemi corona ini pemulihan ekonomi menjadi program wajib yang harus dilaksanakan di semua sektor. Meskipun sektor pertanian merupakan satu-satunya sektor yang paling eksis di banding sektor lainnya dan merupakan penyumbang terbesar dalam pertumbuhan ekonomi, namun produsen pangan terdampak juga akibat pandemi corona,” terang Bupati.

Lebih lanjut Bupati menyampaikan, kendala utama yang menjadikan terpuruknya nasib petani sebagai produsen pangan adalah keterbatasan akses dalam penjualan hasil panen. Hal itu Karena petani kekurangan modal untuk berbudidaya, maka petani hanya bisa pasrah menjual hasil panennya kepada penebas dan tidak punya nilai tawar yang tinggi.

Menurut Bupati, agar petani sebagai produsen pangan dapat merasakan peningkatan pendapatannya dan konsumen pangan dapat menikmati produk segar hasil pertanian dengan harga yang terjangkau, maka salah satu terobosan yang dapat kita lakukan adalah mendekatkan konsumen dengan produsen pangan. Salah satunya dengan menggelar bazar produk tani tersebut.

“Melalui bazar tani ini diharapkan konsumen akan mendapatkan produk segar langsung dari petani dengan harga yang lebih murah dan petani sebagai produsen pangan dapat menjual hasil panennya dengan harga yang lebih pantas karena memotong jalur distribusi pangan,” kata Etik.

Etik juga berharap bazar tani tersebut dapat dilaksanakan di semua kecamatan sehingga kesejahteraan petani pada khususnya dan masyarakat Kabupaten Sukoharjo pada umumnya akan meningkat. Selain itu, juga dapat mengurangi resiko kerusakan produk segar pertanian akibat angkutan pada saat distribusi.

Sedangkan Camat Sukoharjo, Havid Danang PW, menyampaikan jika bazar tersebut diikuti oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) semua kelurahan di Kecamatan Sukoharjo dan juga stan-stan pendukung lainnya. Antara lain dari Dinas Pertanian dan Perikanan, Dinas Pangan, Puskesmas Sukoharjo, PT Pegadaian, dan lainnya.

“Selama bazar ini, kami menyediakan banyak hadiah untuk pembeli antara lain beberapa sepeda gunung dan peralatan elektronik,” ujarnya.

Menurut Havid, setiap transaksi Rp20 ribu dan kelipatannya akan mendapatkan satu kupon undian. Pengundian hadiah akan dilakukan saat penutupan bazar pada Minggu (12/12/2021). Bazar produk tani tersebut bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat yang menurun akibat pandemi corona khususnya petani.

Havid juga mengatakan, selain bazar produk tani, dalam acara yang sama diberikan santunan untuk anak yatim piatu, peresmian pojok baca Taman Pakujoyo, peluncuran ambulans VVIP dan layanan kesehatan gratis Puskesmas Sukoharjo, serta penebaran benih ikan di Telaga Palujoyo. (*)

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img

Berita Terbaru